Simak !! Bunga Deposito BRI Terbaru Kalau Ingin Investasi

Berniat investasi dalam bentuk deposito? Ada baiknya cari tahu dulu berapa besaran bunganya sekarang. Apalagi buat kamu yang pengin investasi ke deposito BRI, kudu wajib tahu tuh info-info seputar bunganya yang terbaru.

Sekadar informasi aja nih. Bunga deposito itu sewaktu-waktu bisa berubah, nyesuain dengan besaran suku bunga acuan BI. Kalau suku bunga acuan BI naik, bunga deposito juga ikut naik. Gak cuma bunga simpanan aja lho. Bunga kredit juga ikut naik karena kenaikan bunga acuan.

Biasanya orang-orang yang paham banget deposito gak mau melewatkan kesempatan ini. Kalau gak buka rekening baru, mereka bakal menambah dana yang udah didepositokan sebelumnya.

Makanya banyak orang yang ambil deposito sebagai pilihan investasi. Apalagi, deposito itu minim risiko dan relatif aman karena dapat jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Lembaga ini sendiri bakal menjamin simpanan dengan nilai maksimal Rp 2 miliar.

Balik lagi ke deposito BRI, memangnya berapa sih besaran bunganya sekarang? Yuk cari tahu dalam ulasan berikut ini.

Segini bunga deposito BRI. Manakah yang paling besar?

Bank BRI menawarkan bunga deposito berbeda-beda, tergantung dari besarnya dana investasi dan jangka waktu penyimpanannya. Deposito BRI sendiri ditawarkan dalam jangka waktu mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan.

Detailnya bisa kamu lihat dalam daftar di bawah ini.

Jumlah deposito < Rp 100 juta

  • 1 bulan : 4,25 persen
  • 3 bulan : 5,50 persen
  • 6 bulan : 5,00 persen
  • 12 bulan : 4,50 persen
  • 24 bulan : 4,50 persen
  • 36 bulan : 5,25 persen

Jumlah deposito Rp 100 juta hingga < Rp 2 miliar

  • 1 bulan : 4,25 persen
  • 3 bulan : 5,50 persen
  • 6 bulan : 5,25 persen
  • 12 bulan : 5,00 persen
  • 24 bulan : 5,00 persen
  • 36 bulan : 5,25 persen

Jumlah deposito > Rp 2 miliar

  • 1 bulan : 4,25 persen
  • 3 bulan : 5,50 persen
  • 6 bulan : 5,25 persen
  • 12 bulan : 5,25 persen
  • 24 bulan : 5,25 persen
  • 36 bulan : 5,50 persen

Dari daftar di atas, minimal bunga deposito BRI yang diberikan adalah 4,25 persen, sedangkan maksimal bunga depositonya 5,50 persen.

Hitung bunga deposito gampang kok, gini caranya

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sebuah sistem yang diluncurkan oleh Bank Indonesia untuk menyatukan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional. Manfaat GPN adalah mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien dan andal, serta sesuai dengan perkembangan informasi, komunikasi, teknologi dan inovasi. GPN juga menjadi tulang punggung dukungan pemerintah, antara lain untuk bansos non-tunai, elektronifikasi jalan tol dan transportasi publik. Kini, Bank BRI telah menghadirkan Kartu Debit BRI berlogo GPN dapat Anda gunakan dengan berbagai manfaat. Dengan Kartu Debit BRI GPN, nasabah akan lebih mudah bertransaksi di kanal pembayaran seperti mesin gesek/EDC atau ATM bank manapun dan terlindungi dengan pengamanan data dalam setiap transaksi.

A post shared by BANK BRI (@bankbri_id) on

Begitu udah tahu berapa aja bunga deposito BRI yang ditawarkan, kamu tinggal hitung berapa keuntungan yang nanti diterima. Hitungnya gak pakai rumus bunga dikali dana deposito lho ya.

Deposito itu punya rumus hitungnya sendiri. Dalam hitung-hitungannya, kamu mesti pertimbangkan jangka waktu dan pajak deposito.

Nah, gimana rumus hitung bunga deposito? Begini rumusnya

Bunga x Dana Pokok Deposito x 30 hari x 80% (pajak) : 365 (hari)

Supaya lebih jelas, begini ilustrasinya.

Rudi pengin investasikan uangnya ke deposito BRI. Uang yang selama ini ditabungnya udah mencapai Rp 40 juta.

Ia memilih deposito BRI yang tenornya 3 bulan dan bunganya 5,5 persen. Ia juga memilih sistem automatic roll over (ARO). Jadi, begitu jatuh tempo, depositonya bisa diperpanjang otomatis.

Sebelum memutuskan mendepositokan uangnya, Rudi bertanya pada customer service BRI. Ia pengin tahu gimana cara hitung bunga deposito. Begitu dengar penjelasan dari customer service, Rudi paham ternyata untung yang didapatnya sebesar Rp 144.657 per bulan

Untung tersebut diperoleh dengan cara:

5,5 persen x Rp 40.000.000 x 30 hari x 80 persen : 365 hari = Rp 144.657 per bulan

Bunga deposito: 5,5 persen

Pokok deposito: Rp 40 juta

Waktu sebulan: 30 hari

Pengurangan setelah dikenai pajak 20 persen: 80 persen

Waktu setahun: 365 hari

Kalau dana deposito terus ditambah, untungnya pun juga terus bertambah. Satu lagi nih yang perlu diketahui. Pajak deposito cuma berlaku buat dana deposito di atas Rp 7,5 juta. Hal tersebut udah diatur dalam PP 131 Tahun 2000, KMK-51/KMK.04/2001, dan SE-01/PJ.43/2001.

Angka 80% pada perhitungan untuk simpanan lebih dari Rp 7,5 juta di atas adalah persentase dari keuntungan yang sudah dikurangi dengan persentase pajak sebesar 20 persen.

Misalnya aja bunga deposito untuk tenor 3 bulan adalah 5,5 persen maka bunga deposito yang jumlah dana simpanannya lebih dari Rp 7,5 juta secara riil harus dikurangi dengan 20 persen dari 5,5 persen yaitu sebesar 1,1 persen.

Dengan kata lain, bunga riil yang akan diterima pada deposito tenor 3 bulan dengan jumlah simpanan di atas Rp 7,5 juta adalah 4,4 persen.

Syarat investasi dana ke deposito BRI

Biar makin paham lagi tentang deposito BRI, ada baiknya kamu juga perlu tahu apa aja syarat-syarat buka rekeningnya. Apa aja? Nih syarat-syaratnya.

  • Punya rekening tabungan atau giro BRI.
  • Buka di kantor cabang, setoran awalnya Rp 10 juta. Sementara buka secara online, setorannya minimal Rp 5 juta dan maksimalnya Rp 100 juta.
  • Bawa identitas semisal KTP atau SIM atau Paspor atau NPWP.
  • Biaya materai.

Udah tahukan sekarang berapa bunga deposito BRI terbaru, gimana cara hitungnya, dan apa syarat buka depositonya? Moga-moga informasi di atas membantumu ya dalam investasi deposito. Selamat berinvestasi!