Coba Cara Nabung ala Miliarder Ini, dijamin Ajib

Adalah Raya, s

cara nabung
(Image: inc)

eorang karyawan yang belum menemukan cara menabung yang terbaik buat dia. Pasalnya, rencana menabung selalu jadi hanya rencana. Gimana gak, begitu gajian uangnya ludes tak bersisa. Alhasil saldo tabungan selalu mentok di angka yang sama.

Berbeda dengan Raya, Dodi udah gak usah diragukan dalam urusan tabung-menabung. Ia pemegang prinsip “sedikit demi sedikit lama-lama bisa jadi bukit”. Itulah pesan neneknya yang selalu ia ingat. Tapi, ia mulai ragu bukitnya gak setinggi yang ia harapkan. Sebab, meski rajin menabung, ia masih merasa sulit sekali jadi #MerdekaFinansial.

Nah, kira-kira ada gak yah cara nabung yang bisa bikin Raya dan Dodi sejahtera, mapan, dan #MerdekaFinansial?

Katanya nih, salah satu cara sukses adalah dengan meniru kesuksesan yang telah dilakukan orang lain. Jadi, mari berguru langsung dari sumbernya, yaitu para miliarder dunia.

Menabung ekstrem secara autodebet

cara nabung
(Image: wbur)

Menggunakan tabungan autodebet cocok banget buat Raya dan kamu yang punya persoalan serupa. Jika punya kontrol diri yang cenderung lemah sehingga uang langsung ludes tanpa sempat disisihkan buat tabungan, solusi terbaik ialah menggunakan tabungan autodebet.

Tapi kalau mau meniru miliarder, Grant Sabatier, founder Millennial Money, bukan cuma autodebet, tapi juga harus “ekstrem”.

Disebut ekstrem karena Grant menabungkan langsung setengah penghasilannya tiap bulan. Dengan cara tersebut ia berhasil memupuk uang di tabungan dari $2,26 atau Rp 30 ribuan jadi Rp 14,6 miliar dalam 5 tahun.

Menurut Grant, kuncinya adalah memanfaatkan fitur autodebet tersebut. Fasilitas ini membuatmu terhindar dari keinginan membelanjakan uang begitu diterima.

Miliki lebih dari satu penghasilan, lalu tabung penghasilan tertinggi

cara nabung
(Image: ticketcrusader)

Cara berikutnya akan kita tiru dari Jay Leno, aktor sekaligus pelawak asal Amerika Serikat dengan penghasilan mencapai $350 atau setara Rp 5,1 triliun. Leno mengaku, sejak masuk dunia hiburan, ia selalu memiliki dua sumber penghasilan. Penghasilan dari sumber pertama akan ia habiskan untuk kebutuhan sehari-hari, sementara dari sumber lainnya ia tabung.

Nah, kuncinya, dari dua sumber penghasilan tersebut, ia memilih sumber penghasilan tertinggi untuk ditabung seluruhnya. Dodi mungkin harus mulai putar otak nih buat mencari penghasilan tambahan dan meniru cara Leno ini.

Menggunakan aturan 50-30-20

cara nabung
(Image: inc)

Dodi emang rajin menabung, tapi mungkin nominal yang ditabung terlampau sedikit dibanding penghasilan yang ia miliki. Oleh sebab itu, hasilnya pun gak signifikan dan justru tergerus biaya administrasi perbankan miliknya. Bunga yang diperoleh pun gak sebanding dengan kenaikan inflasi.

Jika Dodi mau mengubah nasibnya, dia bisa mencoba aturan 50-30-20. Metode ini mungkin udah gak asing buat kamu. Tapi, jangan salah. Kali ini kita akan mengubah sedikit penerapannya meniru Kyle Taylor, founder Penny Hoarder.

Pada dasarnya, metode 50:30:20 membagi penghasilan ke dalam tiga pos keuangan. Nah, jika pada umumnya metode ini membagi penghasilan menjadi 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk dana hiburan, dan 20 persen untuk ditabung, berbeda dengan cara Kyle Taylor.

Ia mengubahnya menjadi, 50 persen ditabung, 30 persen kebutuhan harian, dan 20 persen dana hiburan. Menurut Kyle, cara tersebut lebih ampuh buat meraih #MerdekaFinansial dibanding cara menabung biasa.

Raya dan Dodi bisa nih menerapkan salah satu atau bahkan beberapa cara nabung di atas. Misalnya menggunakan metode 50:30:20 dengan fitur autodebet. Dengan begitu, masalah keuangan mereka pun bisa segera teratasi. Bebas finansial gak lagi cuma jadi impian.

Berminat mencoba juga?