4 Negara Bebas Pajak, Yuk Intip dari Mana Pemasukan Mereka?

Selama ini yang kita tahu bayar pajak itu wajib dilakukan setiap warga negara. Tapi kamu tahu gak sih, ternyata ada lho sejumlah negara bebas pajak.

Pastinya kamu bingung gitu dengar bebas pajak. Soalnya selama ini kita tahunya pajak itu menjadi sumber dana negara.

Kamu juga tentunya pernah dengar dong beberapa negara yang menerapkan kebijakan pajak yang tingginya gak nanggung-nanggung? Pajak yang tinggi itu digunakan buat menyediakan fasilitas publik seperti kesehatan atau pendidikan yang mumpuni bahkan gratis. Ini terjadi di negara-negara Skandinavia seperti Swedia.

Jadi, penasaran kan, kok bisa-bisanya ada negara bebas pajak? Daripada penasaran, mending cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Dikutip dari flagtheory, nih empat negara bebas pajak.

1. Bahama

Negara bebas pajak
Bahama

Negara yang berada di kawasan Karibia ini menjadi salah satu negara bebas pajak di dunia. Bahama membebaskan masyarakatnya dari pajak penghasilan.

Gak cuma itu. Kabarnya nih, seperti yang dilansir Rappler, negara ini juga gak menarik pajak badan usaha atau pajak kekayaan.

Bahama mendapatkan penghasilan dari pariwisata dan industri offshore. Nah, offshore sendiri dipakai orang-orang kaya yang pengin mengamankan asetnya dari pajak tinggi di negara asal.

Dengan adanya offshore, orang kaya bisa bayar pajak dengan nilai gak semestinya. Sementara negara tempat offshore berada jelas diuntungkan.

2. Kepulauan Virgin Britania Raya

negara bebas pajak
Kepulauan Virgin Britania Raya

Negara bebas pajak selanjutnya adalah Kepulauan Virgin Britania Raya. Negara yang menjadi bagian dari Inggris ini memberlakukan bayar pajak nol buat personal atau perusahaan sejak 1 Januari 2005.

Gak heran kalau negara ini jadi pilihan orang-orang pengin bangun perusahaan offshore.

Dari perusahaan-perusahaan itulah Kepulauan Virgin Britania Raya mendapatkan pemasukan, yaitu dengan menerapkan lisensi tahunan berbayar.

3. Kepulauan Cayman

Negara bebas pajak
Kepulauan Cayman

Negara yang menjadi bagian dari Inggris ini juga menjadi negara bebas pajak. Kepulauan Cayman meniadakan pajak penghasilan.

Sebagai gantinya, Kepulauan Cayman memberlakukan lisensi berbayar yang wajib dimiliki perusahaan sama seperti Kepulauan Virgin Britania Raya.

Soalnya negara ini juga masuk daftar negara “surga pajak” atau tax haven buat perusahaan-perusahaan offshore.

4. Monako

Negara bebas pajak
Monako

Di Eropa, ada Monako yang menjadi negara bebas pajak.

Sejak 1869, negara anggota Uni Eropa ini udah menghapuskan pajak penghasilan pribadi. Negara ini juga gak memungut pajak kekayaan.

Namun, ada pengecualian buat warga negara Prancis yang tinggal di Monako. Mereka mesti membayar pajak yang dihitung berdasarkan hukum pajak Prancis. Pajak itu langsung dibayarkan ke pemerintah Prancis.

Terus dari mana Monako menghidupi diri sendiri? Rupanya negara ini memungut pajak korporasi, mendapat pemasukan dari industri pariwisata, pajak pertambahan nilai (VAT), hingga kasino.

Itu tadi empat negara bebas pajak yang gak cuma jadi surga buat wajib pajak individu, tapi juga perusahaan. Meski gak ambil pajak, negara-negara tersebut masih bisa berjalan dari penghasilan yang lain. Cerdas sih.