Yuk Simak Kisah Plataran Group, Restoran Tempat Jokowi Deklarasi

Plataran Menteng cukup sukses menyedot perhatian beberapa hari belakangan. Restoran yang mengusung konsep budaya Indonesia ini sebenarnya udah terkenal, kok. Namun, saat beberapa hari lalu digunakan Jokowi buat mengumumkan nama cawapres-nya, resto ini makin diperbincangkan.

Plataran sebenarnya gak cuma ada di Menteng, Jakarta Pusat. Restoran tersebut merupakan bagian dari grup Plataran yang gak cuma mengelola restoran, tetapi juga hotel dan resort.

Grup tersebut didirikan oleh Yozua Makes. Pria tersebut adalah seorang pengacara yang kemudian malah jatuh cinta pada dunia hospitality. Yosua merupakan lulusan Fakultas Hukum, Universitas Indonesia.

Kisah Awal Berdirinya Plataran Group

 

 

Yozua Makes terbilang sangat sukses di bidang hukum. Terbukti selepas kuliah dan beberapa kali bersekolah di tingkat yang lebih tinggi, ilmunya dalam bidang hukum semakin meningkat.

Dia bisa diterima di berbagai firma hukum bergengsi. Kemudian, dia pun mendirikan firma hukum sendiri. Firma hukum milik Yozua tersebut diberi nama Makes & Partner Law. Beragam perusahaan dan institusi besar, termasuk Bursa Efek Indonesia menjalin kerja sama dengan firma milik Yozua. Ajib kan?

Meski sukses di bidang hukum, ternyata Yozua punya passion di bidang lain. Plataran Group berdiri karena dia dan istri hobi berkeliling Indonesia. Dari situlah, Yozua terinspirasi buat bikin bisnis. Bidang yang dia pilih adalah pariwisata.

Awalnya, resor Plataran berdiri di daerah Canggu, Bali. Kala itu, Yozua sempat terbentur soal pembukaan lahan, mencari sumber daya manusia, serta pembangunan infrastruktur yang tentu harus dibangun dari nol.

Konsep yang diusung oleh resor tersebut adalah budaya Indonesia. Makanya gak heran deh kalau kamu udah pernah berkunjung ke salah satu grup Plataran, kamu bakal merasakan budaya Indonesia yang sangat kental.

Bermula dari Bali dengan nama Plataran Canggu, sekarang resor tersebut hadir dengan berbagai tema sesuai daerah. Ada Plataran Ubud, Plataran Komodo, Plataran Borobudur, dan Plataran Menjangan. Kemudian, ada pula Bajul Eco Lodge di Buleleng, Bali. Bahkan, Plataran Group udah punya kapal pesiar sendiri.

Gak puas berkecimpung di industri hotel, Yozua pun mengekspansi Plataran menjadi restoran. Beberapa restoran tersebut antara lain Stupa Restaurant, Teras Darmawangsa, Patio Venue & Dining, Plataran Dharmawangsa dan Plataran Menteng.

Berawal dari hotel, kini Plataran Group terbilang sangat sukses. Yap! Sesukses firma hukum Yozua Makes yang sampai sekarang ternyata masih dia handle.

Ekspansi Bisnis Plataran yang Jadi Bisnis Keluarga

 

 

Plataran kian mengembangkan bisnisnya. Nah, kerajaan bisnis ini pun mulai diturunkan pada putri Yozua, yaitu Anandita Makes. Anandita mulai meng-handle beberapa tugas di grup Plataran.

Rencananya, Plataran bakal menambah kamar di sejumlah hotel mereka. Selain itu, mereka juga senantiasa menjaga beragam detail budaya Indonesia di resor tersebut. Jadinya, berbisnis sekaligus melestarikan kebudayaan bangsa ya!

Gak heran deh kalau Plataran sering jadi rekomendasi para artis dan pejabat buat acara-acara mereka. Gak ketinggalan juga Presiden Jokowi yang memilih tempat ini buat mengumumkan calon wakil presidennya buat Pemilihan Presiden 2019.

Nah, kamu tertarik buat cobain beragam menu khas Indonesia dengan berbagai kegiatan menarik di sana? Restoran berdesain klasik dan hotelnya yang bernuansa Indonesia banget bakal bikin kamu betah. Harga makanannya pun cukup terjangkau buat di kelasnya, yaitu mulai dari Rp 40 ribuan.

Sukses selalu buat Plataran Group dan orang-orang di balik layarnya!