Yuk Kita Cari Tahu Kegunaan Warna Emas

Investasi emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan dengan risiko yang rendah.

Namun, emas merupakan investasi jangka panjang yang keuntungannya baru terasa setelah lebih dari lima atau sepuluh tahun.

Tak hanya berlaku pada emas batangan, emas perhiasan pun juga bisa kamu jadikan instrumen investasi yang menjanjikan lho.

Meski keuntungannya tidak sebesar emas batangan,  emas perhiasan masih tetap saja menjadi primadona terutama untuk para wanita.

Selain sebagai investasi, emas perhiasan juga bisa dijadikan perhiasan untuk menunjang penampilan seseorang.

Sayangnya, gak sedikit orang yang hanya tahu warna emas perhiasan itu kuning dan putih. Padahal, setidaknya adalah sembilan warna emas perhiasan lho.

Beda warna ya beda harga juga tentunya. Return-nya sebagai investasi tentu saja juga berbeda.

Nah, berikut ini adalah sembilan warna emas yang perlu banget kamu ketahui nih sebelum terjun untuk investasi emas. Yuk, simak di bawah ini:

1. Emas Kuning

investasi-emas
Emas Kuning (bukalapak)

Emas kuning adalah salah satu warna emas yang paling banyak digunakan. Untuk membuat campuran logam ini, emas murni akan dicampur dengan perak murni dengan perbandingan tertentu.

Jadi, emas kuning sering menjadi pilihan banyak orang untuk investasi emas.

2. Emas Putih

investasi emas
Emas Putih (originalmutiara)

Emas putih juga menjadi primadona bagi beberapa orang terutama sebagai perhiasan. Logam yang kuat dengan warna keperakan ini terbuat dari emas murni, timah sari, perak murni, dan nikel.

3. Emas Merah

investasi emas
emas rose gold (orori)

Warna logam ini adalah merah muda atau lebih dikenal dengan rosegold. Untuk mendapatkan warna ini, emas murni akan dicampur dengan tembaga.

Warna emas merah juga umumnya banyak digunakan sebagai perhiasan. Selain itu, karena warnanya yang unik membuat emas ini memiliki harga yang cukup mahal per gramnya.

4. Emas Hijau

Emas hijau? Batu akik? Eitss,  tentu bukan. Emas hijau ini merupakan campuran antara emas murni 24 karat dengan perak murni, kadmium, dan tembaga.

Campuran beberapa logam itu dapat menghasilkan warna hijau yang cantik sehingga cocok untuk aksesoris.

5. Emas Biru

Seperti halnya emas hijau, produk ini juga bukan batuan mahal yang dibentuk menjadi aksesori. Emas biru terbuat hanya dari dua campuran logam saja, pertama adalah logam besi murni dan yang kedua adalah emas murni itu sendiri.

6. Emas Jingga

Emas jingga itu terbuat dari campuran emas murni, perak murni, dan tembaga. Nah, besar atau kecilnya campuran antara perak murni dan tembaga ternyata dapat menentukan warna jingga dari emas yang dihasilkan.

Jadi, kalau perak murni semakin sedikit warna jingga semakin kuat begitu pun sebaliknya.

7. Emas Abu-abu

Emas abu-abu sedikit berbeda dengan emas putih meski secara warna hampir sama. Kalau emas putih lebih mengkilap, sedangkan emas abu-abu tidak. Untuk membuat emas ini diperlukan emas murni, tembaga, dan besi.

8. Emas Ungu

Untuk membuat emas ungu dibutuhkan emas murni dan aluminium. Campuran ini akan menghasilkan warna ungu keemasan yang cantik sehingga produk olahan ini selalu dicari oleh masyarakat.

9. Emas Cokelat

Emas cokelat memiliki warna yang cantik sehingga kerap dijadikan perhiasan seperti anting atau kalung. Untuk membuat campuran logam ini diperlukan emas murni, paladium, dan perak murni.

Nah, itu dia jenis-jenis warna emas yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk investasi. Jadi, warna emas mana yang kamu miliki?