Tolak 5 Hal Ini Kalau Pengin Jadi Kaya

Bukan hal yang mustahil buat jadi kaya tahun depan. Semuanya bisa tercapai asalkan berani mengatakan “gak.”

Tentu aja, kata “gak” yang dimaksud bukannya menolak buat melakukan hal apa pun. Yang wajib ditolak adalah ajakan-ajakan yang kiranya bisa merugikan secara finansial.

Ajakan ini emang seolah terdengar sepele, tapi kalau dilaksanakan, kantong bisa morat-marit. Ujung-ujungnya tahun depan kondisi keuangan bakalan sama aja seperti tahun ini, atau malah lebih buruk.

Gak pengin kan mengalami hal seperti itu? Kalau gitu, beranikan diri deh buat mengatakan gak buat delapan hal ini.

1. Meminjamkan uang ke teman

jadi kaya
Sering minjemin duit? Situ lembaga keuangan apa bank?

Melihat teman yang bokek emang kadang gak enak di hati. Tapi sekalinya kamu gampang dalam urusan meminjamkan uang ke dia, maka seterusnya mereka pun menganggapmu layaknya pemberi kredit dari surga.

Jelas aja, wong ngutang di kamu kan bisa dibayar kapan aja sesuai kesepakatan. Bunganya 0 persen pula. Dan, ketika kamu menolak permintaannya, pasti kamu dibilang pelit. Ujung-ujungnya, demi pertemanan yang sakral kamu pun rela menyisihkan uangmu buat dia.

Jangan dibiasain kayak gini deh, kalau cuma sesekali ya gak apa-apa. Ingat, kamu juga butuh uang buat hal-hal lain bukan? Termasuk investasi dan nabung. Kapan jadi kaya kalau tiap bulan selalu diutangin sama temen sendiri.

2.  Nongkrong tiap pulang kantor

jadi kaya
Pulang kantor ya pulang aja, jangan keseringan nongkrong

Pulang kantor ya pulang ke rumah atau nge-gym, jangan malah nongkrong. Apa manfaatnya nongkrong saat pulang kantor?

Emang sih banyak yang bilang hal itu berguna buat memperluas jaringan. Dan emang benar, selama dilakukan bersama klien atau calon klien.

Tapi jika nongkrongnya sama teman kantor, ya percuma aja. Ujung-ujungnya duit habis sia-sia cuma dapet fun aja. Belum lagi besok ngantor pasti ngantuk karena kurang tidur.

3. Meminjamkan kartu kredit

jadi kaya
Kartu kredit ya pakai sendiri saja jangan dipinjem-pinjemin

Duh, yang ini bisa jauh lebih parah akibatnya daripada meminjamkan duit.

Gak sedikit orang yang meminjam kartu kredit ke temannya buat membeli suatu hal yang emang belum bisa mereka beli. Mereka gak sanggup membeli barang itu bisa karena emang gak punya duit yang cukup, atau bisa jadi karena barang yang dia pengin emang cuma bisa dibeli lewat kartu kredit.

Ketika orang yang meminjam adalah kerabat atau teman dekat, gak apa-apalah. Tapi jika orang yang gak akrab-akrab banget sama kamu, hati-hati deh.

Kalau dia kabur, yang ada kamu sendiri yang repot.

4. Shopping di tanggal muda

jadi kaya
Memang, shopping di tanggal muda tandanya kamu lagi banyak duit. Tapi apa rela duitnya habis tanggal muda?

Baru gajian ya tentunya rekening bakal terasa gendut. Tapi jika di tanggal muda selalu rutin shopping, lama-lama rekening jadi kurus dan kamu gak bakal jadi kaya tahun depan.

Udah deh, kurangin aja shopping yang kadang gak guna itu. Mending uangnya dimanfaatkan buat beli saham atau reksadana.

Atau beli emas aja, toh harga emas biasanya naik melulu.

5. Promosi jabatan tanpa naik gaji

jadi kaya
Kerjaan nambah gaji gak nambah? Mau?

Kenaikan jabatan semestinya disertai dengan kenaikan gaji. Ketika gak terjadi, maka kamu bisa-bisa jadi bahan tertawaan almarhum om Bob Sadino seandainya dia masih hidup.

Om Bob pernah bilang, “kamu berangkat pagi-pulang malam tapi bayaran tak seberapa? Itu kerja apa dikerjain?”

Intinya, tanpa kenaikan gaji, yang ada kamu cuma kerja rodi guys. Waktu-waktu berhargamu bisa hilang gitu aja. Mending kamu bertahan di posisi sekarang deh, yang penting gaji sesuai dan bisa punya waktu berkualitas sama orang yang dicintai.

Itulah lima hal yang yang harus kamu tolak jika pengin jadi kaya tahun depan.

Sejatinya, kaya di sini bukan kaya kayak Hartono bersaudara ya, melainkan kaya dalam artian punya uang lebih di tabungan.

Kelihatannya sih gampang, tapi realitanya susah. Apalagi, gak sedikit dari kamu yang masih beranggapan bahwa semakin besar gaji, semakin besar pula pengeluaran.

Setiap tahun, tentu kondisi keuangan kita harus meningkat dong. Jangan malah lebih rendah dari tahun sebelumnya.

Selamat mencoba, semoga berhasil jadi kaya!