Ini Cara Jitu Tagih Utang ke Sahabat tanpa Berantem

Pasti kamu setuju kalau tagih utang itu menjadi salah satu hal yang sulit, bahkan berat buat dilakukan. Akan menjadi semakin sulit ditagih kalau yang ngutang sahabat sendiri.

Kamu pasti merasa sungkan, gak enak dan bisa-bisa dibilang gak punya perasaan. Serba salah sendiri kan jadinya.

Tapi kalau lagi gak ada duit alias bokek, gak ada pilihan lain selain nagih utang ke sahabatmu itu. Sayangnya banyak orang yang enggan nagih karena takut jadinya “drama” atau malah berantem.

Karena itu, kamu perlu menggunakan trik ini nih biar uangmu bisa balik tanpa perlu ada “drama” yang bikin persahabatan kalian jadi runyam.

Apa aja triknya? Berikut ini empat di antaranya.

1. Belanja atau makan bareng, tapi gak usah bawa dompet

tagih-utang
Belanja atau makan bareng, tapi gak usah bawa dompet (baggout)

Meski terkesan licik, tapi mengajak sahabatmu belanja atau makan bareng dengan ga bawa dompet bisa menjadi salah satu cara agar uangmu bisa cepat balik.

Jadi kamu bisa tuh menagihnya pelan-pelan dengan cara minta nebeng dibayarin atau titip barang belanjaan.

Kalau seperti itu kan sahabatmu mau gak mau akan mengeluarkan uang. Jadi sahabatmu juga gak akan tersinggung, padahal secara gak langsung itu sama aja kamu nagih utang.

Karena itu gak ada salahnya kan kalau kamu mengajaknya hangout bareng dan pura-pura gak bawa dompet, dengan begitu kamu jadi punya alasan untuk bergantung sama dia.

2. Menyindir saat gajian

tagih-utang
Menyindir saat gajian (joetrizilo.wordpress)

Namanya sama sahabat, kalau salah-salah ngomong saat tagih utang yang ada bisa runyam tuh persahabatan.

Karena itu kamu gak perlu tuh langsung menagihnya dengan garang saat dia baru gajian. Salah-salah malah kamu dianggap debt collector.

Nah, kamu bisa pakai cara halus saat tanggal muda, sapa aja sahabatmu dengan halus tapi pakai nada menyindir, seperti “Ciiieee ada yang baru gajian, banyak duit nih.” Itu saja sudah cukup.

Kalau sahabatmu paham sih, sudah pasti dia menyadari kalau itu adalah bentuk sindiran kamu agar dia segera melunasi utangnya.

3. Sindir dengan artikel dan share di sosmed

tagih-utang
Sindir dengan artikel dan share di sosmed (a1on)

Meski sudah disindir secara halus tapi belum sadar juga, kamu bisa tuh menyindirnya dengan artikel tentang utang-piutang yang kamu share di media sosial pribadi.

Nah, kalau bisa kamu share-nya saat dia lagi online. Ya, tujuannya sih agar sahabatmu benar-benar membaca dan mendapat petunjuk untuk segera melunasi utangnya.

4. Terus terang dengan alasan tepat

tagih-utang
Terus terang dengan alasan tepat (ikub)

Sindir saat gajian udah, sindir pakai artikel di sosial media juga udah, tapi kok sahabatmu gak peka juga ya?

Hmm.. gak ada pilihan lain selain kamu ngomong terus terang sama sahabatmu dan menggunakan alasan yang tepat juga.

Sebenarnya bicara terus terang itu merupakan cara terlembut secara psikologi. Singkat tapi terus terang. Kamu bisa mainkan ego si pengutang dan buat sahabatmu jadi memiliki rasa tanggung jawab.

Gimana caranya?

Kamu bisa bilang dengan jujur dan dengan mimik wajah yang benar-benar sedang membutuhkan uang untuk keperluan yang sangat genting atau mendesak.

Itu dia deretan cara jitu tagih utang ke sahabat tanpa perlu ada drama yang bisa merusak hubungan persahabatan kalian. Gimana? Sudah siap untuk mencobanya?