Biaya Operasi Plastik Paling di 4 Negara yang Paling Populer

Biar penampilan terlihat tampan, cantik, atau seksi, banyak orang yang memilih melakukan operasi plastik alias oplas. Tentu aja modalnya gak sedikit.

Gak sedikit selebriti yang melakukannya. Alasannya ya apalagi selain biar tetap laku. Mereka gak pengin kalah saing dengan pendatang baru yang penampilannya lebih menawan.

Dari sekian banyak negara di seluruh dunia, beberapa di antaranya bisa digolongkan “keranjingan” operasi plastik. Maksudnya, di sana banyak banget rumah sakit yang membuka layanan ini. Masyarakatnya juga banyak banget yang melakukannya.

Penasaran apa aja? Dikutip dari ISAPS, nih empat negaranya.

1. Amerika Serikat

operasi plastik
Amerika Serikat

Rupanya negara dengan jumlah operasi plastik terbanyak di dunia adalah Amerika Serikat. Jumlahnya mencapai lebih dari 4 jutaan pada tahun lalu.

Kabarnya nih, di sana orang-orang paling gemar melakukan operasi pembesaran payudara. Selain itu, operasi sedot lemak juga sering banget dilakukan.

Motivasi mereka yang melakukan oplas di sana macam-macam. Kebanyakan dari mereka pengin terlihat lebih muda dan menarik.

Buat pembesaran payudara, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai US$ 3.700 atau setara Rp 54 jutaan. Sementara operasi pembentukan hidung biayanya Rp US$ 5.000 atau Rp 73 juta.

Lalu buat sedot lemak biayanya US$ 3.200 atau Rp 46 juta, buat liposuction US$ 5.800, dan Rp 84 juta buat tummy tuck.

2. Brasil

operasi plastik
Brazil

Selanjutnya ada Brasil yang menjadi negara kedua dengan jumlah operasi terbanyak. Di negara Amerika Latin ini, terhitung ada 2,5 juta oplas telah dilakukan sepanjang 2017.

Di negara ini kecantikan dianggap sebagai hak asasi. Makanya oplas jadi hal yang lumrah.

Di sana, biaya operasi plastik buat pembesaran payudara mencapai US$ 2.670 atau setara Rp 39 jutaan. Sementara operasi di bagian hidup sebesar US$ 1.503 atau Rp 21 jutaan.

3. Jepang

operasi plastik
Jepang

Ternyata bukan Korea Selatan, melainkan Jepang, negara di Asia yang paling banyak melakukan operasi plastik. Jumlahnya mencapai 1,1 jutaan tahun 2017.

Di sana, alasan orang-orang memilih melakukan operasi adalah pengin terlihat cantik dan menarik. Ya apa lagi selain itu?

Biaya oplas di Jepang dibuka mulai dari US$ 3.000 atau setara Rp 43 juta hingga US$ 6.000 atau Rp 87 juta.

4. Italia

operasi plastik
Italia

Selanjutnya ada Italia yang tercatat banyak melakukan oplas. Pada tahun lalu jumlah yang melakukan oplas sekitar 957 ribuan orang.

Di negara Eropa yang satu ini, operasi plastik yang paling banyak dipilih adalah pembesaran payudara. Disusul dengan operasi kelopak mata.

Biaya pembesaran payudara sekitar 10 ribu Euro atau Rp 166 juta. Sementara operasi memperindah hidung sekitar 9.000 Euro atau Rp 149 juta.

Buat operasi sedot lemak atau liposuction sekitar 8.100 Euro atau setara Rp 134 jutaan.

Di Indonesia juga ada operasi plastik, tapi…

Udah tahu kan sekarang negara mana aja yang paling banyak melakukan operasi plastik? Meski biayanya mahal, ternyata itu gak jadi halangan buat sebagian orang.

Indonesia juga menyediakan jasa oplas lho. Belum diketahui sih berapa banyak jumlahnya. Tapi yang jelas ya sama-sama mahal.

Sebagai gambaran, buat mancungin hidung dibutuhkan biaya dari Rp 9 juta hingga Rp 21 juta. Kalau operasi pipi sekitar Rp 12 jutaan.

Yang paling mahal adalah operasi payudara yang harganya mencapai Rp 42 juta hingga Rp 50 jutaan.

Gimana? Tertarik mencoba operasi plastik?