5 Trik Menabung Buat Orang yang Super Boros

Apa kamu termasuk ke dalam golongan orang-orang super boros? Hati-hati lho, boros bisa menggagalkan cita-citamu buat #MerdekaFinansial. Kalau kamu masuk dalam golongan ini, sepertinya kamu emang butuh trik menabung yang super jitu nihi dari MoneySmart.

Trik menabung yang satu ini gak sulit, tapi butuh niat dan komitmen buat bisa merealisasikannya. Dan ketika udah terealisasi, dijamin deh hal ini bakal jadi gaya hidupmu di kemudian hari.

Penasaran sama trik menabung ala MoneySmart buat yang super boros? Silahkan dibaca ulasannya di bawah ini.

1. Atur tujuan menabung

trik menabung
Tanpa tujuan yang jelas, nabung pasti gak terarah

Sama seperti investasi, nabung juga harus ada tujuannya. Apakah itu buat dana darurat, buat DP rumah, beli mobil, atau cuma sekadar traveling.

Mengapa tujuan penting? Soalnya, ketika gak kamu tentukan, maka uang bakal habis sebelum kamu bisa merealisasikan apa yang pengin dicapai.

Si boros emang selalu berpikir, selama masih ada duit di rekening itu tandanya sah-sah aja dipakai. Kalaupun habis, toh bulan depan gajian. Bukan gitu teman-teman?

Sejatinya, walaupun ada uang banyak di rekening tapi gak ada tujuan dalam memanfaatkannya, maka duit itu bakal habis tanpa arti.

Percaya deh, kalau gak percaya ya silahkan aja coba sendiri.

2. Jangan kurang piknik

trik menabung
Sesuai bujet saja liburannya

Liburan sesekali dan sesuai bujet itu gak salah, yang salah adalah ketika kamu punya hobi shopping.

Mengapa shopping itu gak baik? Soalnya mereka yang hobi shopping cenderung membeli barang-barang yang sebetulnya gak dibutuhkan.

Dengan alasan stres, mereka kadang membenarkan dirinya melakukan hobi yang gak keruan itu meski lagi bokek. Pake kartu kredit deh kalau perlu, bodo amat sama cicilan.

Oleh karena itu, jangan stres-stres deh jadi karyawan. Coba refreshing dulu kalau kamu penat. Liburan aja ke destinasi-destinasi wisata yang ramah di kantong bersama teman atau keluarga. Yang penting mood kamu tetap baik setiap hari.

Inilah trik menabung yang bisa bikin uang kamu tambah banyak sekaligus tambah happy.

3. Gak usah install aplikasi e-commerce di ponsel

trik menabung
E Commerce gak usah lewat hp deh lihat saja di pc atau laptop

Trik menabung ketiga adalah gak menginstalasi aplikasi e-commerce di ponsel pintar milikmu. Buat yang udah install tinggal uninstall aja.

Kenapa aplikasi itu lebih baik dihapus? Jelas banget karena si boros bakal sering berlama-lama di aplikasi itu ketika waktu senggang.

Lihat-lihat barang, tiba-tiba ngomong “eh yang ini lucu nih” atau “eh ini lagi ada diskon.” Alhasil, langsung deh order dan transaksi.

Repot bos kalau setiap minggu ada barang yang dibeli. Mending barangnya emang yang diperlukan. Pengin diskon sebesar apa pun, kalau gak diperlukan ya sama aja bohong.

4. Hapus layanan mobile banking di ponsel

trik menabung
Apus deh tuh mobile banking, install aja currency converter biar kamu bisa update sama nilai tukar Rupiah

Trik menabung selanjutnya adalah menghapus layanan mobile banking. Lah, bukannya layanan itu emang berguna ya? Biar praktis dalam urusan transaksi gitu lho.

Emang iya, aplikasi itu praktis banget. Tapi buat si super boros, aplikasi ini malah bisa jadi bumerang.

Karena transaksinya mudah, maka urusan belanja pun bisa semakin praktis. Ketika dicopot, maka hal itu bakal menghambat waktu transaksi belanja.

Mereka yang boros akhirnya jadi malas belanja online karena malas pakai token atau harus repot-repot ke ATM terdekat.

5. Gak bergaul dengan teman yang sesat

trik menabung
Pilih teman yang bisa membantumu hemat dong

Trik menabung terakhir adalah gak bergaul dengan teman yang sesat. Sesat di sini tentu erat kaitannya dengan orang-orang yang boros, atau yang gaya hidupnya gak sesuai dengan isi kantong. Istilahnya, social climber.

Bisa dibilang, mereka sesat karena sebenarnya mereka bukanlah orang yang mampu memiliki gaya hidup seperti itu. Tapi, demi bisa pamer di medsos dan kelihatan seperti konglomerat, mereka rela membeli barang mewah yang harganya melebihi gaji per bulan.

Konglomerat aja kayaknya gak gitu-gitu amat deh. Malah kebanyakan dari mereka hidupnya sederhana.

Ketika teman tongkrongan seperti mereka, maka gak menutup kemungkinan kamu terseret ke dalam gaya hidup dan kebiasaan yang sama.

Itulah lima trik menabung ala MoneySmart buat kamu yang hidup boros.

Emang sih, trik-trik di atas rata-rata erat kaitannya dengan gaya hidup, bukan cara menyisihkan uang. Tapi percaya deh, gaya hidup bisa menentukan kondisi finansial. Ketika gaya hidupnya gak wajar, ya mustahil deh bisa #MerdekaFinansial di kemudian hari.

So, tertarik buat mencoba lima trik menabung ini? Semoga berhasil ya.