7 Trik Murah Belanja Online Selain Pakai Voucher Belanja

Dapat voucher belanja online tentunya bikin happy. Iyalah, siapa yang gak tergoda bisa belanja murah, apalagi sampai gratis. Apalagi kalau vouchernya juga bisa digunakan buat belanja di toko online. Ya, belanja online kini lebih banyak dilirik ketimbang harus jauh-jauh mendatangi toko.

Asal tahu triknya, belanja online bukan cuma mudah dan praktis, tapi juga bisa jauh lebih murah. Nah, kamu yang suka belanja online, wajib tahu nih triknya. Kalau bisa dapat murah, ngapain bayar mahal untuk produk yang sama kan?

Gak usah ngomong panjang-panjang lagi deh, simak nih 8 trik ampuh belanja online dengan lebih murah. Coba deh!

1. Manfaatkan voucher belanja

voucher belanja
(Image: mediakonsumen)

Voucher belanja adalah salah satu jenis promo yang sering ditawarkan situs-situs online shop. Promonya, mulai dari gratis ongkir sampai potongan setengah harga. Lumayan kan?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat mendapatkan voucher belanja online. Salah satunya adalah dengan berlangganan newsletter situs toko online.

Umumnya, mereka memberikan potongan harga pada pembelian pertama dengan minimum nominal pembelanjaan tertentu. Jadi, tugasmu hanya mendaftarkan email lalu manfaatkan deh kode voucher belanja yang diterima.

2. Cek barang di situs pembanding harga

voucher belanja
(Image: techinasia)

Jika produk yang mau kamu beli dijual pada banyak situs toko online, maka bandingkanlah harganya. Tapi, gak perlu capek-capek membuka satu-satu situs toko online tujuan. Ada banyak kok situs pembanding harga yang bisa dimanfaatkan.

Beberapa di antaranya adalah PriceArea, Telunjuk, PricePanda, Priceza, Pricebook, dan masih banyak lagi. Kalau kamu belanja di marketplace, gak perlu ragu manfaatkan fitur sort by price, buat dapat harga termurah.

3. Belanja pada waktu-waktu khusus

voucher belanja
(Image: zalora)

Emang sih belanja online bisa dilakukan kapan pun. Tapi, tahu gak, ada lho waktu-waktu khusus yang bikin pengeluaranmu buat belanja jadi makin hemat. Jika barang yang mau kamu beli gak terlalu urgent, mending tunggu saat momen spesial itu datang.

Contohnya, saat hari libur nasional kayak Hari Kemerdekaan, Imlek, Hari Raya Idul Fitri, Natal,  dan Akhir Tahun. Atau saat momen spesial lainnya kayak waktu gajian, pemilu, sampai jadwal ulang tahun situs online langgananmu. Biasanya pada momen tersebut mereka gak segan-segan tebar promosi.

Sebenernya ada satu lagi lho momen khusus di mana sebagian besar online shop banting harga. Momen itu ada di Hari Belanja Online Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Harbolnas dan jatuh setiap tanggal 12 Desember.

4. Langganan newsletter

voucher belanja
(Image: launchgrowjoy)

Jika kamu memang punya minat dan kebutuhan terhadap produk-produk di situs online tertentu, gak perlu ragu buat langganan newsletter-nya. Dengan begitu, kamu akan tahu lebih awal informasi apapun terkait toko online tersebut, termasuk waktu diskon dan promo-promo lainnya.

Tapi, gak perlu kebanyakan berlangganan di berbagai situs toko online lho. Takutnya, kamu malah jadi terpengaruh buat beli barang yang gak kamu perlukan.

5. Follow akun media sosial toko online

voucher belanja
(Image: eshopworld)

Selain newsletter, informasi terupdate bisa didapat dari akun media sosial. Kadang, toko online yang gak punya situs resmi mengadakan promo khusus di akun media sosial mereka. Jadi, gak ada salahnya buat follow akun Instagram atau Line mereka jika ada.

6. Ajak teman buat belanja bareng

voucher belanja
(Image: freepik)

Saat ingin berbelanja, jangan lupa kabarin teman yang punya selera atau kebutuhan serupa. Siapa tahu, temanmu tertarik buat belanja barang yang sama atau paling gak di situs yang sama.

Umumnya, situs toko online menawarkan promo pada minimum pembelanjaan tertentu. Misalnya, gratis ongkir untuk pembelian minimum Rp 100 ribu atau potongan harga untuk pembelian lebih dari satu. Nah, lumayan kan jika promo ini bisa dimanfaatkan.

7. Belanja di official store via marketplace/ e-mall

voucher belanja
(Image: gizguide)

Umumnya marketplace berisi mayoritas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau toko-toko online yang bertindak sebagai distributor.

Belanja di marketplace sering jadi pilihan karena harga yang ditawarkan lebih murah dari situs resminya. Tapi, keaslian produk kadang gak bisa dipastikan. Kamu jadi harus ekstra teliti biar gak ketipu toko online nakal.

Untungnya, kini banyak brand yang turut membuka official shop pada situs-situ e-mall atau marketplace kayak Tokopedia, Shopee, Lazada,  Blibli, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kamu bisa dapatkan dua manfaat ini: beli produk pasti ori dan dapat promo dari marketplace terkait.

Gak jarang promo-promo yang diberikan memang khusus untuk pembelian di situs-situs atau aplikasi marketplace tersebut.

8. Belanja dari aplikasi

Mengikuti perkembangan zaman dan gaya hidup pengguna, pemilik situs toko online berbondong-bondong menyediakan platform dalam bentuk aplikasi mobile.

Untuk menarik minat pelanggan menginstall aplikasi tersebut, berbagai promo khusus aplikasi pun ditawarkan. Jadi, gak apa-apa deh install satu dua aplikasi toko online yang jadi langgananmu.

Biar gak tekor, hobi belanja harus diiringi dengan kecerdasan mengelola uang. Salah satunya, dengan menerapkan trik-trik di atas biar bisa belanja banyak tapi tetap hemat.

Meski begitu, bukan berarti jadi beli barang-barang yang gak diperlukan yah. Jangan sampai belanja online bikin nasib rekeningmu di akhir bulan nanti jadi gak ketolong.