Yuk Simak Perkembangan Anak 3 Tahun 7 Bulan

Tak terasa dalam sekejap mata, anak telah melewati begitu banyak tahap pertumbuhannya, hingga saat ini akhirnya memasuki usia 43 bulan. Dalam perkembangan anak 3 tahun 7 bulan ini, si kecil akhirnya memahami dan mematuhi instruksi dari Anda. Tetapi pada saat yang sama, ia juga membuat keajaiban melalui imajinasi mereka!

Jadi, apa saja yang terjadi di bulan ini?

Perkembangan anak 3 tahun 7 bulan: Perkembangan fungsi motorik

Anak sudah makin luwes melangkah. Bunda akan melihat mereka dengan percaya diri menaiki dan menuruni tangga dengan kaki bergantian. Tetapi, Anda perlu tetap memperingatkannya untuk berhati-hati dan tidak lari saat menaiki atau menuruni tangga.

Kemampuan mereka memanjat makin gesit. Amankan furnitur yang berpotensi membahayakan di rumah Anda karena pergerakannya semakin aktif. Dalam perkembangan anak 3 tahun 7 bulan, alam bebas akan menjadi tempat terbaik untuk berlari, mengendarai sepeda roda tiga, dan bermain petak umpat atau hide and seek. Tak heran, Anda akan lebih sering melihat si kecil terjatuh.

Dalam hal keterampilan motorik halus, bulan ini si kecil juga dapat dengan mudah meniru Anda ketika membangun pola blok. Mereka dapat meniru dengan tepat menggunakan warna yang sama, jumlah yang benar, dan dalam urutan blok dan pola yang sama.

Jika Anda menggambar persegi di selembar kertas, si kecil sudah dapat menyalinnya persis. Mereka juga lebih nyaman menggunakan krayon dan pensil.

Tips untuk Orang Tua:

  • Tak ada salahnya mengajaknya ke arena gymnastic khusus anak-anak. Biarlah mereka berimajinasi, bereksplorasi, dan juga melakukan berbagai gerakan fisik.
  • Jika anak senang melakukan gerakan senam, coba daftarkan mereka pada kelas senam untuk anak-anak.
  • Mereka masih belum memiliki pemahaman yang matang tentang tingkat bahaya. Jadi, hindari mereka bermain di tempat yang tinggi dan berbahaya, mereka mungkin akan tergoda untuk melompat.
  • Saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan mereka cara naik sepeda.
  • Anak mulai tertarik dengan seni. Belikan ia buku mewarnai dengan pola gambar yang sedikit lebih rumit. Beri ia tantangan untuk mewarnainya agar mengasah kreativitas si kecil.
  • Ajak anak bermain lebih banyak permainan yang mungkin bisa mengasah kreativitas, seperti mewarnai dengan cat warna atau krayon, bermain slime, dan lain-lain.

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?

Apakah si kecil merasa sulit memegang krayon? Apakah mereka tidak dapat memegang gunting dengan benar? Jika ya, itu bisa menandakan keterlambatan perkembangan fisik. Konsultasikan dengan dokter anak untuk mengatasi kemungkinan adanya masalah pada otot atau keterampilan motorik kasar.

Perkembangan anak 3 tahun 7 bulan: Kognitif

Selama periode perkembangan anak 3 tahun 7 bulan ini, si kecil akan melontarkan banyak pertanyaan “mengapa”. Keingintahuan menjadi ciri utama seorang anak berusia 43 bulan.

Mereka juga dapat menyebutkan nama warna dengan baik, memahami konsep tentang apa yang sama dan berbeda, senang bermain peran, dan berfantasi lebih kreatif. Mereka juga percaya bahwa sihir itu nyata.

Salah satu bagian terbaik dari tahap perkembangan ini adalah mereka dapat memahami dan mengikuti lebih banyak perintah, seperti “Pergi ke kulkas, ambilkan apel dan letakkan di atas meja.”. Mereka juga dapat mengingat lebih banyak hal, seperti cerita atau acara TV, memahami waktu (kemarin dan besok), melakukan penghitungan sederhana dan masih banyak lagi. Mereka juga memahami tekstur yang berbeda.

Anak mungkin sudah mulai memilih pakaian yang mereka sukai atau tidak suka, dan pada saat yang sama, mereka mulai mengerti cara ‘berdandan’ dan peduli dengan penampilannya.

Menariknya, si kecil mampu bertahan dalam sebuah situasi, bahkan ketika ada gangguan. Ini menandakan konsentrasinya sudah berkembang.

Tips untuk Orang Tua:

  • Mulailah minta anak membantu Anda di rumah dengan melakukan hal sederhana. Minta mereka untuk membawakan sesuatu atau membereskan barang-barang.
  • Bersabarlah dengan banyak pertanyaan dari mereka. Anda mungkin akan mendapatkan pertanyaan susulan setelah Anda menjawab pertanyaan sebelumnya. Di sinilah Anda harus mengasah pengetahuan umum Anda sendiri.
  • Pastikan acara TV atau film yang mereka tonton sesuai dengan usianya. Mereka mulai bisa belajar sesuatu dari film.
  • Saat mengajak anak berbelanja pakaian, biarkan mereka memilih apa yang mereka sukai.
  • Biarkan ia berkonsentrasi pada tugas yang sedang dihadapi untuk melatih konsentrasinya lebih dalam.

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?

Jika si kecil memiliki rentang perhatian yang sangat pendek atau tidak bertanya, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak.

Perkembangan anak 3 tahun 7 bulan: Pengembangan sosial dan emosional

Usia 43 bulan anak menjadi lebih mandiri. Anda juga mungkin menemukan mereka bergumam sendiri. Hal ini normal. Mereka sering berbicara dengan diri mereka sendiri dan ini adalah bagian dari imajinasi mereka. Selain itu, sangat wajar juga jika Anda menemukan mereka bermain sendiri selama sekitar 20 menit atau lebih.

Mereka juga peka terhadap perasaan orang lain dan mungkin bisa membaca isyarat non-verbal. Di sinilah anak Anda sedang dalam proses membentuk identitasnya, sehingga terkadang mereka mungkin menjadi sangat keras atau memberontak.

Tetapi hal baiknya adalah mereka lebih banyak berkumpul dalam kegiatan kelompok, meskipun untuk waktu yang singkat.

Tips untuk Orang Tua:

  • Bawalah mereka terlibat dalam lebih banyak kegiatan sosial.
  • Jelaskan berbagai emosi kepada anak Anda, bahkan emosi yang lebih kompleks, seperti rasa cemburu untuk membantu mereka menyesuaikan diri dengan kondisi apa pun yang mungkin mereka rasakan.
  • Biarkan mereka bermain sendiri kapan pun mereka mau dan ajaklah ia bermain permainan yang lebih kreatif.
  • Dengarkan dan perhatikan apa yang mereka katakan dan jangan ragu untuk memujinya jika ia melakukan sesuatu yang baik.

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?

Jika si kecil terus mengalami kecemasan ekstrim saat berpisah dengan Anda atau tidak bermain dengan anak lain serta tidak merespon orang lain, maka mungkin sudah waktunya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Perkembangan anak 3 tahun 7 bulan: Perkembangan bicara dan bahasa

Sekarang si kecil dapat berbicara sekitar 250 hingga 500 kata dan menyebutkan kalimat pendek sekitar enam kata berturut-turut. Mereka juga bisa mengarang cerita sendiri dan menceritakan imajinasinya pada Anda.

Si kecil sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana, seperti usia, nama dan hal-hal tertentu dengan lebih jelas. Ia sudah mulai mengenal konsep memperkenalkan diri. Mereka akan membentuk kalimat lebih lengkap dalam beberapa bulan ke depan.

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?

Jika si kecil belum bisa menggunakan kalimat sederhana, dan masih kata-kata sederhananya masih berantakan, maka mungkin saja ia mengalami masalah bahasa atau bicara. Konsultasikan ke dokter atau ahli wicara yang mungkin akan menyarankan terapi atau kegiatan lainnya untuk mengatasi masalah si kecil.

Perkembangan anak 3 tahun 7 bulan: Kesehatan & Nutrisi

Biarkan si kecil makan sesuai dengan selera makannya, jangan pernah memaksa mereka untuk menghabiskan semua makanannya atau makan lebih banyak dari yang mereka inginkan. Hal ini malah akan memberi pengalaman makan yang tidak menyenangkan.

Pada usia ini, mereka mungkin akan memiliki masalah makan. Tetapi, Anda bisa tetap menerapkan menu sehat untuk si kecil di rumah. Berikut ini contoh rekomendasi menu sehat yang bisa disiapkan untuk anak Anda:

 Sarapan 1 roti gandum dengan satu sendok makan selai kacang dan secangkir susu.
 Camilan di pagi hari 1 gelas blueberry (atau sekitar segenggam) dengan setengah cangkir yogurt.
 Makan siang 1 burger kecil yang berisi salmon, ayam, daging sapi atau domba dengan kentang goreng dan buah jeruk kecil.

ATAU

Nasi merah atau nasi goreng dengan ayam cincang atau daging sapi dan setengah buah apel

 Kudapan sore hari Wortel rebus atau brokoli rebus.
 Makan malam Setengah cangkir pasta atau makaroni dengan saus tomat dan sayuran kukus, serta seperempat cangkir buah stroberi.

Tips untuk Orang Tua:

  • Anak mulai rewel soal makanan. Ia cenderung hanya ingin makan makanan tertentu, tetapi juga cepat bosan. Jangan lelah untuk tetap menawarkan berbagai makanan sehat. Biarkan anak Anda memilih makanan favoritnya untuk hari itu. Kemudian, coba tawarkan kepada mereka makanan yang tidak mereka pilih satu atau dua hari kemudian.
  • Berikan makanan baru dalam porsi yang kecil untuk anak.
  • Matikan TV saat makan! Anak-anak mudah dipengaruhi iklan TV, terutama saat melihat iklan makanan yang tidak sehat, seperti sereal manis, makanan cepat saji, dan permen.
Artikel terkait: Tanda Anak Kecanduan TV

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?

Jika berat badan anak Anda tidak bertambah, Anda mungkin perlu membawanya ke ahli gizi atau dokter anak. Di usia ini, anak harus mengalami percepatan pertumbuhan. Tetap waspada terhadap penyakit musiman, seperti cacar air, dan demam berdarah.

Nikmatilah perkembangan anak di bulan ini. Ya, fase ini mungkin sedikit membuat Anda ‘kewalahan’, tetapi Anda cukup menikmatinya.

Perlu diperhatikan bahwa perkembangan anak bervariasi pada masing-masing individu. Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai pertumbuhan anak, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak ya, Bun.