Ini 10 Kabin Pesawat Terbaik di Dunia dengan Harga Ratusan Juta

Tiap maskapai umumnya memiliki kabin pesawat kelas satu yang paling bisa dibanggakan. Pada kabin pesawat inilah, maskapai memberikan layanan istimewa untuk menunjang kenyamanan penumpang.

Gak jarang, kabin dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dengan teknologi canggih yang membuat penumpang bagai di hotel bintang lima.

Baru-baru ini, Skytrax, agen penerbangan konsumen di Inggris membuat daftar “Best Airlines in the World 2018”. Salah satu indikator penilaiannya adalah kabin kelas satu yang tersedia pada maskapai bersangkutan.

Penasaran gak semewah apa kabin pesawat yang masuk daftar ini? Mari kita intip di bawah ini.

10. Thai Airways

Kabin kelas satu dari Thai Airways ini tersedia pada AirBus A380 dan Boeing 747. Di sini, penumpang dapat menikmati sampanye dingin, kursi selebar 23 inci, TV layar datar, 500 CD musik, dan tempat tidur 180 derajat.

Kamu juga bisa mendapatkan perawatan seluruh tubuh secara gratis, seperti pijat minyak Touch Silk atau pijat ala Thai. Biaya yang diperlukan kurang lebih Rp 78,4 juta untuk sekali perjalanan dari New York ke Bangkok.

kabin pesawat
(Image: flighthacks)

9. Qantas Airlines

Qantas Airlines merupakan maskapai penerbangan Australia yang tergolong elit. Kabin kelas satu di pesawat ini dilengkapi dengan kasur berkulit domba, layar hiburan 17 inci,  dan piyama rancangan Martin Grant.

Penumpang juga bisa menikmati layanan ekstra berupa layanan supir, perawatan spa gratis, dan menu gourmet Neil Perry. Siapkan dana sekitar Rp 196 juta untuk menikmati kenyamanan di kabin ini.

kabin pesawat
(Image: Independent)

8. Cathay Pacific Airways

Maskapai penerbangan asal Hong Kong ini menyediakan kursi kulit yang bisa memijat beserta selimut berserat 500 benang. Jadi, kamu bisa sangat rileks dan nyaman saat tidur di sana.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati nasi melati yang disajikan masih mengepul di tempat duduk sambil menikmati hiburan di layar TV berukuran 17 inci. Untuk perjalanan pulang pergi menggunakan kabin ini, siapkan setidaknya sebesar Rp 365,97 juta.

kabin pesawat
(Image: BusinessInsider)

7. Qatar Airways

Kabin kelas satu Qatar Airways terdiri dari  kursi pesawat yang bisa dijadikan tempat tidur. Pada maskapai yang sama, kabin kelas bisnisnya pernah dinobatkan sebagai yang terbaik di dunia. Untuk menikmati layanan di kabin ini sediakan bujet Rp 65,3 juta untuk sekali perjalanan.

kabin pesawat
(Image: Flickr /Qatar Airways)

6. ANA All Nippon Airways

Inilah maskapai terbesar di Jepang, ANA All Nippon Airways. Kabin ditawarkan dengan pintu geser untuk menjaga privasi penumpang. Desainnya mungkin tampak minimalis tapi fasilitasnya mewah banget.

Mulai dari selimut kasmir, layar sentuh LCD 23 inci, perlengkapan kamar Samsonite, serta hidangan berkualitas dari Chef peraih bintang Michelin (gelar tertinggi dalam industri kuliner).

kabin pesawat
(Image: BusinessInsider)

5. Emirates

Kabin kelas satu maskapai asal Dubai ini didesain layaknya kamar hotel dengan teknologi canggih. Mulai dari kebebasan pengaturan suhu dan cahaya, serta tersedia jok kulit yang terinspirasi dari Mercedes-Benz.

Kamu juga bisa mendapatkan layanan mini bar pribadi serta toilet yang telah dilengkapi peralatan mandi Bvlgari dan Timeless Spa. Tapi, harus siap keluarkan bujet lebih dari Rp 117,6 juta.

kabin pesawat
(Image: BusinessInsider)

4.  Lufthansa

kabin pesawat
(Image: BusinessInsider)

Jika memilih penerbangan kelas satu ini, sejak di Bandara, kamu udah mendapatkan layanan asisten pribadi. Selain itu kamu juga bisa menikmati tempat duduk nyaman yang luas, hidangan kuliner, dan beberapa pilihan hiburan selama penerbangan.

3. Air France

kabin pesawat
(Image: BusinessInsider)

Selain kabin dibuat layaknya hotel mewah, kamu juga bisa menikmati hidangan chef Joel Robuchon, Guy Martin, Refis Marcon yang tersaji makanan di atas meja porselen.

2. Etihad Airways

Kabin kelas pertama Etihad Airways dirancang layaknya apartemen mewah yang besar dengan tempat tidur sepanjang 10 inci. Penumpang dapat menikmati kursi, kasur, dan kamar mandi pribadi lengkap dengan fasilitas mewahnya. Tapi, siap-siap keluarkan bujet sampai Rp 390an juta. Wow, hampir seharga rumah.

kabin pesawat
(Image: Independent)

1. Singapore Airlines

Akhirnya,  sampai juga kita ke nomor satu. Singapore Airlines berhasil jadi peringkat pertama Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia. Layanan yang penumpang dapatkan di kabin ini mulai dari kasur berukuran 208 x 81 sentimeter dengan kasur ekstra di atasnya, kursi besar, dan ribuan hiburan dalam gadget yang telah disediakan. Persis kamar hotel deh.

Untuk menikmati kabin ini, kamu perlu mengeluarkan biaya lebih dari Rp 240 juta untuk tiket pulang pergi.

kabin pesawat
(Image: BusinessInsider)

Itulah deretan kabin kelas satu termewah dan terbaik di dunia. Kalau menurutmu, kabin pesawat mana yang paling layak buat dicoba? Jika memang berminat, sepertinya harus siap-siap menabung jauh-jauh hari nih.