Sultan Hamengkubuwono X Punya Harta Rp 3,6 Triliun, Nih 4 Rinciannya

Globe Asia baru-baru ini merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Ada nama-nama baru yang muncul, seperti bos Go-Jek Nadiem Makarim, bos Tokopedia William Tanuwijaya, hingga bos Bukalapak Achmad Zaky. Di luar mereka, banyak yang masih eksis. Salah satunya, Sultan Hamengkubuwono X.

Sultan yang sekaligus menjabat sebagai Gubernur DI Yogyakarta ini berada di urutan 125 orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya dihitung-hitung mencapai US$ 250 juta atau Rp 3,6 triliun. Predikat ini sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai gubernur paling tajir se-Indonesia.

Bukan baru kali ini aja pemilik nama Bendara Raden Mas Herjuno Darpito ini dimasukkan dalam daftar tersebut. Sebelum-sebelumnya, nama Hamengkubuwono X langganan masuk daftar 150 Orang Terkaya di Indonesia versi Globe Asia.

Misalnya aja tahun 2016, nama Sultan nangkring di urutan 119 dengan kekayaan US$ 260 juta.

Kira-kira nih apa aja ya yang bisa bikin Sultan Hamengkubuwono X segitu kayanya dibanding gubernur-gubernur lain? Simak nih ulasannya cuma buat kamu .

1. Punya banyak properti di Sleman, Jakarta, hingga Bogor

Hamengkubuwono X
Hamengkubuwono X di Keraton (tempo)

Dilihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2014, Sultan Hamengkubuwono X punya banyak properti. Totalnya ada 13 tanah dan bangunan di beberapa kota, seperti Sleman, Jakarta, Bogor, dan kota-kota lain.

Kalau dihitung secara keseluruhan, harta gak bergerak milik Sultan ini nilainya Rp 16,37 miliar.

Ambil contoh aja tanah plus bangunan milik Sultan yang berlokasi di Jakarta Pusat. Pada 2014, harganya udah mencapai Rp 13,9 miliar. Luas tanahnya sendiri mencapai 665 meter persegi dan bangunannya 600 meter persegi.

Dan memang, harga tanah di wilayah itu terbilang sangat mahal. Tengok aja NJOP terbarunya. Angkanya mencapai hampir Rp 48 jutaan per meter persegi di wilayah Gatot Subroto.

2. Punya puluhan mobil dan sepeda motor

Hamengkubuwono X
Sultan di mobil (cari-toko)

Selain properti, Sultan Hamengkubuwono X juga memiliki puluhan mobil dan sepeda motor. Total kekayaannya dari harta bergerak ini mencapai Rp 1,73 miliar tahun 2014. Beberapa kendaraannya masuk kategori kendaraan mewah.

Salah satunya adalah Toyota Alphard keluaran tahun 2010 yang ditaksir seharga Rp 550 juta pada tahun 2014. Lalu ada Mercedes-Benz keluaran tahun 2005 yang harganya Rp 515 juta di tahun 2014.

3. Menyimpan banyak emas dan koleksi seni

Hamengkubuwono X
Wayang (man-grey)

Emas sepertinya investasi yang menjanjikan. Buktinya aja Sultan Hamengkubuwono X menyimpan banyak emas.

Dari laporan LHKPN 2014, Sultan memiliki emas senilai Rp 870 juta. Ada juga batu mulia yang harganya Rp 662 juta. Ini masih ditambah dengan barang-barang seni koleksinya yang ditaksir Rp 1 miliar.

4. Kaya dari surat berharga dan giro

Hamengkubuwono X
Investasi (investmentzen)

Sultan Hamengkubuwono X berinvestasi di surat berharga dan giro. Pada 2014, investasinya dari 1998 hingga 2003 bernilai Rp 4,5 miliar.

Sementara hasil dari investasinya di giro sekitar US$ 180.530 atau mencapai Rp 2,6 miliar dengan kurs sekarang..

Itu tadi deretan sumber harta kekayaan Sultan Hamengkubuwono X. Ini masih belum semuanya lho ya. Sultan masih memperoleh kekayaan dari bisnis yang dimilikinya, seperti PT Madubaru PG Madukismo dan PT Yogyakarta Tembakau Indonesia.

So, gimana menurutmu tentang kekayaan Sultan Yogyakarta ini?