Intip 6 Orang Kaya yang Pakai Jam Tangan Murah

Bicara soal jam tangan mahal artis mah udah biasa, tapi kalau ngomongin jam tangan murah para konglomerat dan seleb kayaknya lebih seru kan.

Sudah sering dibahas, bahwasannya jam tangan emang jadi simbol status sosial seseorang. Ketika jam tangannya mahal ya berarti itu tandanya dia adalah orang mapan. Tapi kalau sebaliknya, bukan berarti itu tanda bahwa dia gak kaya lho.

Fakta soal adanya orang-orang tajir yang pakai jam tangan murah menunjukkan ke kita bahwa, miliarder itu ya seperti orang biasa saja. Meskipun harta mereka lebih banyak, mereka gak jauh beda sama kita untuk hal-hal tertentu.

Jadi, walau hartanya banyak gak berarti harus punya rumah mewah, makan-makan mewah, dan nyandang dengan pakaian serba mewah kayak Syahrini gitu.

Penasaran siapa aja sih orang-orang tajir yang gak alergi pakai jam tangan murah? Yuk simak sosok mereka berikut ini.

1. Bill Gates

jam tangan murah
Bill Gates (Deployant)

Walaupun sang pendiri Microsoft ini adalah orang terkaya di dunia nomor dua, tapi jam tangannya justru gak mewah. Bahkan dua jam tangan Bill Gates harganya di bawah Rp 1 juta!

Ya, jam tangan murah itu adalah Casio Quartz Diver 200M WR yang harganya US$ 50 atau Rp 700 ribuan. Jam ini adalah jam tangan gaya diver (penyelam) klasik yang dari jarak 1 meter sekilas mirip-mirip Rolex Submariner. Mesinnya menggunakan baterai.

jam tangan murah
Bill Gates dan putrinya (Whatxyz)

Dan yang satu lagi adalah Casio W214H-1AV  yang harganya US$ 10 atau Rp 144 ribu! Kalau yang ini adalah jam digital yang sekilas mirip Casio G Shock. Tapi jelas ini bukan G-Shock ya tapi Casio doang alias versi murahnya.

2. Steve Jobs

jam tangan murah
Steve Jobs (Hypebeast)

Mendiang pendiri Apple juga sering memakai jam tangan murah saat masih muda. Jam tangan itu adalah Seiko Chariot yang harganya gak lebih dari US$ 180 saat baru rilis. Ya mungkin setara dengan Rp 1,8 jutaan kali ya.

Meski demikian, saat Steve Jobs wafat, jam itu dilelang dan tembus US$ 42.500 atau Rp 614 juta! Seiko pun merilis ulang jam ini dengan status edisi terbatas dan hanya dijual di pasar Jepang. Jam itu dibuat dengan kolaborasi bersama Nano Universe.

3. Barack Obama

jam tangan murah
Barack Obama (Photonai)

Ketika masih jadi Senator, Barack Obama memakai jam tangan Tag Heuer yang harganya Rp 10 jutaan. Tapi dia justru turun kasta soal jam ketika jadi Presiden.

Saat jadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam, Obama memakai Jorg Gray 6500 Chronograph, jam yang sama dengan anggota Secret Service. Kabarnya, jam tangan ini adalah hadiah ulang tahun Obama yang ke-46. Harganya US$ 350 atau sekitar Rp 5 jutaan.

4. Richard Branson

jam tangan murah
Richard Branson (CNN)

Sir Richard Branson, pengusaha tajir pemilik Virgin Group ini juga gak pernah terlihat mengenakan jam tangan mewah. Pria berambut putih yang selalu nyentrik ini justru mengenakan jam tangan pilot bermerek Torgoen.

Jam tangan asal Swiss itu punya desain yang sangat bagus dan klasik, namun harganya tergolong murah untuk orang tajir yaitu, US$ 320 atau Rp 4,6 juta.

5. Li Ka Shing

jam tangan murah
Li Ka Shing (Reddit)

Kalau yang ini, adalah orang terkaya di Hong Kong. Walaupun kekayaannya mencapai US$ 5,7 miliar atau Rp 82 triliun, jam tangannya justru cuma Rp 6 jutaan. Jam tangan itu adalah Citizen Eco-Drive Attesa ATD53-3051 (black titanium).

Sama seperti Seiko dan Casio, jam tangan ini merupakan jam tangan dari Negeri Sakura yang terkenal dengan kualitasnya yang awet.

6. Chuck Feeney

jam tangan murah
Chuck Feeney (Cornell)

Feeney mungkin jadi salah satu miliarder di dunia yang layak diberikan applause. Pendiri Duty Free Shoppers Group ini memang sempat mencetak keuntungan sebesar US$ 7,5 miliar atau setara dengan Rp 108 triliun selama dia bekerja. Tapi total asetnya cuma Rp 28 miliaran lho. Mau tahu kenapa? Ternyata sebagian besar duitnya didonasikan!

Selain hobi berdonasi, Feeney juga merupakan penggemar jam tangan murah seperti halnya Bill Gates. Dan hal itu diakui langsung oleh Warren Buffet.

Jam tangan murah yang dikenakan Chuck Feeney adalah Casio F-91W c1980s yang harganya US$ 30 atau Rp 433 ribu!

Itulah cerita orang-orang tajir dan sukses di dunia yang pakai jam tangan murah. So, terbukti kan bahwa jam itu fungsinya ya buat penunjuk waktu saja alias bukan buat keren-kerenan.

Dan kalau pun mahal ya harus sesuai bujet, gak boleh maksain diri deh pokoknya.