4 Hal Yang Membuat Sri Mulyani Sukses Jadi Menteri Keuangan

Ibu Sri Mulyani emang hebat. Saking luar biasanya perempuan kelahiran 1962 ini, ia sampai dianugerahi gelar Menteri Terbaik di Dunia pada forum World Government Summit yang dihelat di Dubai, Uni Emirat Arab.

Sebelum itu, pada 2017 dia juga dianugerahi titel Arsitek Ekonomi Indonesia ketika menerima penghargaan Upakarti Artheswara Adhikarana dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Ani, panggilan akrabnya, juga pernah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) tahun 2007 karena menjadi perempuan pertama yang menjadi Menteri Keuangan sejak Indonesia merdeka. Dia juga pernah ditetapkan sebagai Tokoh Berpengaruh Asia tahun 2008.

Semua prestasi-prestasinya tersebut pastinya bikin kita bertanya-tanya, gimana sih caranya Sri Mulyani bisa sesukses itu.

Artikel ini coba menjawab pertanyaan itu. Ternyata, ada empat faktor yang bikin Ibu Ani layak disebut wanita tersukses di Indonesia. Yuk disimak.

1. Punya sosok inspiratif

Sri Mulyani itu mengidolakan ibunya. Ani menjadikan ibunya sebagai sosok inspiratif yang patut dicontoh. Bukan tanpa alasan, tentu aja. Ibunya Sri Mulyani emang patut diacungi jempol sih. Dia bergelar Doktor, tapi masih punya waktu buat mengurus anak-anaknya.

Dari pengalaman ibunya itulah ia belajar, terutama buat soal bagi waktu kerja dan keluarga. Ia mengaku selama berkarier ia kerap mengorbankan waktu tidurnya demi bisa berkumpul bersama keluarga.

2. Apa pun bisa karena motivasi

Hari ini saya memberikan kuliah umum dalam rangka Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro di Semarang, Jawa Tengah. Pada tahun 2045, Indonesia akan merayakan kemerdekaannya yang ke 100. Pada saat itu Indonesia akan memiliki 309 juta jiwa dan apabila Indonesia mampu menjaga tren pertumbuhan ekonomi, maka Indonesia akan menjadi negara dengan PDB terbesar ke-5 di dunia. Kita menjadi negara yang akan mempengaruhi dunia lain, maka perlu membangun fondasi ekonomi tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk dunia. Itu merupakan tanggung jawab kita. Saat ini terdapat 143 juta orang di Indonesia yang sudah terhubung dengan internet. Kalangan ini yang telah memanfaatkan berbagai macam ecommerce seperti Gojek, Tokopedia, ataupun ruang guru. Indonesia memiliki potensi untuk menggunakan teknologi yang baru muncul sebagai platform untuk mengembangkan kreativitas dan kegiatan ekonomi. Namun Indonesia perlu bekerja lebih banyak lagi. Dengan bermodalkan pondasi yang baik berupa manusia Indonesia yang akan mencapai 250-300 juta, serta teknologi yang ada; kita membutuhkan empat hal untuk menuju Indonesia 2045. Pertama yaitu manusianya melalui pendidikan, kesehatan, karakter, value, integritas dan agama. Kedua kualitas dari infrastruktur. Ketiga, kualitas kelembagaan dan keempat, kebijakan pemerintah. Untuk membangun Indonesia menuju 2045, yang tidak bisa digantikan oleh teknologi adalah pemikiran kritis dan rasa empati. Saya berpesan berpesan kepada para mahasiswa untuk belajar dengan detil agar tidak mudah terbawa arus informasi. Pelajari ilmu ekonomi sampai ke detail yang kecil. Tanpa memperhatikan hal yang detil sulit untuk mencapai kesempurnaan. Kepada para civitas akademika Undip saya menyampaikan agar mampu menjadi lembaga yang kredibel dan berkualitas sehingga menjadi pemberi solusi dan pembangun pondasi untuk menyiapkan manusia Indonesia yang tangguh dan cerdas. Semarang, 9 April 2018

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) on

Bagi Sri Mulyani, motivasi itu seperti gizi biar terus semangat dalam berkarier dan menorehkan prestasi. Dan motivasi terbesar datang dari keluarga.

Ia merasa gak bisa menjadi seperti sekarang seandainya aja keluarga gak mendukung.

3. Bekerja sebaik-baiknya

Senin 18 Desember 2017, mewakili pemerintah Indonesia, saya menghadiri perayaan National Day dari negara Qatar. Mewakili negara dan masyarakat Indonesia, adalah suatu kehormatan bagi saya untuk mengucapkan hari kemerdekaan bagi negara Qatar. Negara Qatar adalah salah satu investor terbesar di Indonesia ; yang berinvestasi di bidang telekomunikasi, perbankan, dan juga bisnis ritel. Kita mengharapkan agar nantinya Qatar dapat mengembangkan investasinya juga di bidang infrastruktur, pariwisata dan maritim. Wisatawan dari Qatar saat ini tercatat sejumlah 1,429 orang di Januari-Oktober 2017. Sementara itu, volume perdagangan antara Indonesia dan Qatar mencapai 915 juta USD di tahun 2016. Pada forum internasional, Indonesia dan Qatar memiliki banyak persamaan, termasuk untuk mewujudkan perdamaian dan persaudaraan di anatara sesama umat manusia. Kedua negara juga juga mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Saya percaya hubungan baik yang sudah terjalin selama ini, akan tetus meningkat di masa yang akan datang. Untuk itu, marilah kita tingkatkan hubungan persaudaraan antar kedua negara ini.

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) on

Buat Sri Mulyani, kerja itu harus totalitas, bahkan kalau ada halangan besar sekalipun.

Dia beda banget dengan perempuan karier pada umumnya yang milih mundur ketika udah berkeluarga. Dia memanfaatkan waktu sebaik mungkin biar bisa dapat dua-duanya: ya kerja juga, ya keluarga juga.

Sekarang coba deh bayangin kalau bu Ani kerjanya kurang maksimal. Gak ada tuh ceritanya reformasi pajak dan sejumlah upaya lain buat menggaet investor.

4. Gak cuma terima motivasi, tapi juga beri motivasi

Sri Mulyani adalah orang yang sering mengapresiasi pegawai-pegawai kementerian yang berprestasi. Bagi Ani, penting banget buat memberi penghargaan kepada mereka yang udah kerja maksimal.

Jadi bu Ani juga memberikan motivasi ke orang lain, di samping dia sendiri juga dimotivasi terus sama keluarga.

Demikian empat ciri khas Sri Mulyani dalam menjalankan karier dan sebagai ibu rumah tangga. Empat poin itu yang bikin dia bisa seperti sekarang.

Apa kamu pengin seperti bu Sri Mulyani? Kalau iya, yuk mulai sekarang terapkan apa yang dilakukan beliau.