Yuk Intip Pesawat Pribadi Milik 6 Orang Tajir Indonesia

Perlu kamu tahu, buat punya pesawat pribadi itu cukup rumit lho, gak sama dengan beli mobil atau motor. Sebelum membelinya, harus ada izin dari Kementerian Perhubungan.

Ada kemungkinan permohonan ini ditolak lho kalau ternyata pesawatnya dinilai gak layak.

Kalau izin dari Kementerian Perhubungan keluar, Operation Certificate bakal dikeluarkan. Ini adalah tanda kalau pesawat emang layak terbang.

Tapi itu belum selesai. Izin juga harus diurus ke pihak bandara yang bakal jadi tempat parkir pesawat. Urusnya juga gak segampang izin kehilangan ke polisi.

Meski rumit, faktanya ada lho orang Indonesia yang punya pesawat pribadi. Siapa mereka?

1. Prabowo Subianto – Embraer Legacy 600

pesawat pribadi
Pesawat Prabowo (Tempo)

Pengusaha tajir sekaligus petinggi Partai Gerindra ini memiliki pesawat pribadi berjenis Embraer Legacy 600. Pesawat ini dibuat oleh perusahaan bernama Empresa Brasileira de Aeronautica SA yang berbasis di Brazil.

Pesawat ini memiliki kapasitas maksimum delapan penumpang. Pesawat didesain khusus buat seorang pebisnis.

Pesawat ini menggendong dua mesin Rolls-Royce AE 3007/A1P turbofans, 33.0 kN (8,810 lbs). Kecepatan maksimumnya adalah 834 kilometer per jam.

Pesawat ini dibanderol denga harga US$ 26 juta atau setara Rp 375 miliar.

2. Chairul Tanjung – Gulfstream G550

pesawat pribadi
Pesawat Chairul Tanjung (Antara)

Pesawat pribadi bos CT Corp yang juga orang terkaya ke-7 Indonesia ini adalah jet buatan General Dynamics yang berbasis di Amerika Serikat.

Kapasitas Gulfstream bisa mencapai 19 orang. Mesin pesawat ini juga menggunakan Rolls-Royce, cuma tipenya adalah Rolls-Royce BR700.

Kecepatannya lebih ngeri dari pesawat Prabowo karena bisa melesat sampai 941 kilometer per jam.

Gulfstream G550 dibanderol dengan harga US$ 61,5 juta atau setara Rp 888 miliar.

3. Surya Paloh – British Aerospace BAe 146 dan Embraer 190

pesawat pribadi
Pesawat Surya Paloh (Traveling Yuk)

Politisi Partai Nasdem dan pemilik Media Group ini juga punya pesawat pribadi. Kabarnya sih, pesawat pertama pak Paloh ini adalah British Aerospace BAe 146 yang cuma diproduksi hingga tahun 2001. Pesawat ini cukup besar dan bisa menampung 112 orang.

Harganya ada di kisaran US$ 24 juta atau setara Rp 346 miliar.

Sempat tersiar kabar, pesawat BAe ini merupakan pesawat bersejarah yang dulu sempat dipakai Ratu Elizabeth.

Satu lagi pesawat yang dimiliki Surya Paloh adalah Embraer 190. Pesawat ini yang sekarang masih dipakai beliau.

Embraer 190 gak jauh beda sama punya Prabowo, cuma aja kapasitasnya bisa mencapai 19 orang. Harganya dipatok US$ 28,5 juta atau setara Rp 411 miliar.

4. Jusuf Kalla – British Aerospace BAe 146

pesawat pribadi
Pesawat Jusuf Kalla (Detik)

Pak JK juga punya pesawat pribadi, dan itu bukan hal aneh mengingat kekayaan yang dia punya. Penguasa bisnis Indonesia bagian timur gitu lho…

Pesawat ini digunakan waktu pak JK nyapres tahun 2014 lalu, tapi kabarnya sih disewakan ke publik juga buat kepentingan bisnis.

Pesawat pak JK sama seperti pesawat pertamanya pak Paloh. Namun, udah dimodifikasi. Pesawat yang tadinya muat 112 orang kini jadi 64 orang aja.

5. Hashim Djojohadikusumo – Embraer Legacy 600

pesawat pribadi
Pesawat adik Prabowo (Detik)

Kebetulan banget nih, pak Hashim, adiknya pak Prabowo, punya pesawat yang sama kayak kakaknya. Tapi pak Hashim dikabarkan membeli jet ini pada tahun 2008.

6. Aburizal Bakrie – Embraer Legacy 600

pesawat pribadi
Pesawat Aburizal Bakrie (Traveling Yuk)

Gak cuma Prabowo dan Hashim ternyata yang punya pesawat pribadi berupa Embraer Legacy 600, pak Aburizal barkrie juga. Pesawat ini sepertinya jadi favoritnya pengusaha tajir ya.

Itulah enam orang Indonesia yang punya pesawat pribadi. Pesawat milik pak CT resmi jadi yang termahal, nih!

Di samping enam nama itu, sebetulnya ada satu lagi yang belum disebut: Susi Pudjiastuti. Pesawatnya bu Susi malah jauh lebih banyak dari enam orang kaya ini.

Tapi kenapa gak disebut? Ya jelas aja karena itu gak dipakai sendiri sama bu Susi. Pesawat-pesawat itu dipakai buat usaha lewat Susi Air.

Susi Air punya Piaggio Avanti II P180, Cessna Grand Caravan Executive, Cessna Grand Caravan Commuter, Agusta Grand A109S, Air Tractor AT802 Fuel Hauler, dan Diamond Da-42 Twin Star. Banyak banget, kan? Apalagi ada model yang lebih dari satu unit.

Demikian informasi mengenai pesawat pribadi orang-orang kaya dari Indonesia. Tentu aja mereka juga punya mobil mahal buat menunjang mobilitas lewat darat.