Nih Perjuangan Dulu Mencari Kerja Susahnya Minta Ampun

Mencari kerja bisa jadi kegiatan yang bikin frustasi. Pun demikian ketika udah dapat. Kamu harus butuh adaptasi, termasuk ke atasan yang galak atau tenggat yang mepet banget.

Kalau udah gini, hari-hari kerja jadi berat buat dijalani. Tiap bangun kamu udah stres sendiri, apalagi kalau ingat-ingat gimana macetnya jalanan. Duh!

Terus gimana dong biar bisa semangat lagi?

Nah, buat kamu yang lagi butuh motivasi atau merasa berat banget datang ke kantor, yuk ingat-ingat lagi perjuangan saat mencari kerja.

1. Kirim puluhan lamaran, sedikit yang ‘nyangkut’

(Image: health)

Masih ingat saat masih mencari kerja? Salah satu rutinitasnya adalah kirim lamaran ke sana sini. Awalnya sih masih super selektif dengan perusahaan yang dituju, tapi seiring berjalannya waktu, jumlah lamaran kerja yang dikirim pun makin gak terhingga.

Kamu jadi gak peduli lagi tuh sama profil perusahaan. Asal ada lowongan, lamar deh. Gak peduli itu sesuai sama jurusanmu waktu kuliah apa gak.

Kamu main pusing ketika ingat kaau dari puluhan lamaran pekerjaan yang dikirim, cuma beberapa yang berhasil nyangkut.

2. Giat mencari informasi

mencari kerja
(Image: YouTube)

Bukan cuma situs-situs lowongan kerja yang dikunjungi waktu mencari kerja, kamu juga pasti cari informasi dari senior sampai grup-grup profesi di media sosial.

Kamu yang tadinya gak banyak gerak, pengin gak pengin harus aktif buat cari sendiri informasi lowongan kerja.

3. Berdesak-desakan di berbagai job fair

mencari kerja
(Image: YouthManual)

Job fair gak bakal terlewat ketika sedang mencari kerja. Pada saat itulah berkumpul banyak perusahaan yang bisa kamu lamar.

Kamu pasti harus berdesak-desakan karena pengunjungnya selalu ramai. Ada kalanya kamu juga pulang dengan tangan hampa karena gak menemukan perusahaan yang cocok.

4. Mengikuti seleksi berkali-kali

(Image: gifer)

Pengalaman pertama ikut seleksi kerja adalah hal yang mendebarkan. Mulai dari persiapan alat tulis sampai mencari kisi-kisi jawaban tes di internet pun kamu lakukan.

Tapi, saat pekerjaan gak kunjung didapat meski udah diwawancara berkali-kali, lama-lama kamu lelah juga.

5. Pengin jalan-jalan tapi gak punya uang

Sad No Money GIF by The Girlfriend Experience - Find & Share on GIPHY

(Image: giphy)

Kamu jadi merasa berjuang sendirian buat mencari kerja ketika temanmu yang lain udah dapat. Ajakan jalan pun harus dipikirkan seribu kali. Maklum, dompet seringnya gak berisi. Minta orangtua buat main juga gengsi.

Kalau udah gini, pengin gak pengin harus bisa menikmati hari-hari di rumah yang kadang membosankan banget. Tapi ya… itung-itung quality time bareng keluarga deh.

Gimana? Udah ingat kan perjuangan saat masih menganggur dulu? Yakin nih masih pengin mengeluhkan pekerjaan yang udah susah payah didapatkan?

Kamu harus ingat kalau pekerjaan apa pun pasti ada plus minusnya. Kalau udah gitu ya dinikmati aja.

Kalau masih belum semangat juga, ingatlah bahwa tanggal gajian pasti tiba.

Sementara buat kamu yang saat ini emang masih mencari kerja, semangat terus dan pantang menyerah, ya!