Simak 4 Kriteria Usaha yang Menjanjikan Ini

Dapat untung bakal lebih pasti kalau memiliki usaha yang menjanjikan. Gimana gak untung coba? Usaha yang kayak gitu punya produk maupun servis yang selalu dibutuhkan orang. Makanya omzetnya dijamin jarang banget turun.

Sayangnya nih, gak sedikit yang sembarangan aja milih bisnis cuma karena lihat model bisnis kayak gitu rame sesaat. Maksudnya gimana?

Jadi gini, kadang-kadang orang melihat usaha yang ramainya minta ampun. Terus dipikirnya usaha itu bakalan bertahan lama.

Di sini nih letak kesalahannya. Rata-rata yang orang pikirkan itu gak sesuai realita. Buktinya, beberapa usaha yang sempat ramai belakangan ini tumbang berjatuhan. Nah, usaha yang kayak gitu yang gak masuk kriteria usaha yang menjanjikan.

Lho, emangnya ada kriterianya? Tentu aja ada dong. Penasaran apa aja kriterianya? Simak berikut ini.

1. Jual barang yang jadi hajat hidup orang banyak

Usaha yang menjanjikan
Jual beras (tempo)

Usaha yang menjanjikan itu tentunya menjual barang yang dibutuhkan banyak orang. Kalau gak terlalu dibutuhkan, ngapain juga dibeli. Rugi yang ada.

Terus apa aja barang-barang yang jadi hajat hidup orang banyak? Rata-rata nih kebutuhan pokok macam sembako itu paling dicari-cari. Misalnya aja beras. Tiap keluarga pasti butuh beras buat makan. Inilah kenapa jual beras jadi usaha yang menjanjikan.

2. Walau gak booming, tiap hari ada aja yang beli

Banyak usaha yang booming, tapi periodenya cuma sesaat. Habis itu hilang entah kabarnya gimana. Usaha-usaha kayak gitu mendingan dihindari deh. Kecuali kamu tahu kapan momentum yang tepat buat menjalankan usaha tersebut.

Lebih baik kamu pilih usaha yang tiap hari ada aja pembelinya. Emang bingung sih kalau cari model usaha kayak gitu. Namun, kalau kamu peka, usaha yang tiap hari ada pembelinya itu sebenarnya ada lho di sekitar kamu.

Misalnya aja nih pedagang bakso. Coba aja kamu perhatikan. Selalu ada aja pembeli yang berdatangan. Padahal kan makan bakso itu bukan kebutuhan pokok. Namun, kebanyakan orang sulit buat menolak lezatnya bakso.

Nah, usaha yang seperti itulah yang dimaksud tiap hari ada aja yang beli.

3. Berpotensi berkembang

usaha yang menjanjikan
Bisnis berkembang (flickr)

Selanjutnya, usaha itu disebut usaha yang menjanjikan kalau punya potensi berkembang. Berkembang di sini dalam artian bisa buka cabang di mana-mana.

Sekarang ini banyak kok usaha yang cabangnya di mana-mana. Emang sih rata-rata usaha tersebut adalah waralaba atau franchise. Tapi ikut kemitraan franchise malah lebih menguntungkan lho. Soalnya kamu gak ribet lagi bangun dari awal.

Kalau kamu sukanya yang seperti ini, mulai cari-cari deh franchise yang dari dulu sampai sekarang masih eksis. Udah gitu cabangnya di mana-mana lagi. Franchise yang seperti itulah yang disebut usaha yang menjanjikan.

4. Suplai barang jarang kosong

Ada situasi di mana barang-barang yang dijual kosong. Kalau cuma terjadi sekali atau dua kali sih, gak masalah. Gimana seandainya sering terjadi? Banyak pembeli, tapi barang gak ada itu sama aja kehilangan untung.

Itu kenapa penting buat mengetahui apakah suplai barang itu jarang-jarang atau selalu tersedia. Kamu bisa mulai dengan menelusuri seberapa besar permintaan buat barang ini. Banyak atau sedikit.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan nantinya apakah usaha ini menjanjikan atau gak.

Rekomendasi usaha yang menjanjikan yang bisa dilirik

usaha yang menjanjikan
Ayam Sabana (franchiseglobal)

Udah tahu kan sekarang apa aja kriteria dari usaha yang menjanjikan? Nah, berikut ini adalah lingkup usaha yang bisa kamu pilih.

1. Usaha kuliner

Usaha yang satu ini emang jenis usaha yang gak ada matinya. Siapa pun pasti suka yang namanya makanan. Gak heran kalau usaha kuliner itu selalu ada karena omzetnya jelas. Walau ada beberapa yang gak demikian, banyak usaha kuliner yang tetap bertahan hingga sekarang.

Lebih mudahnya, kamu bisa memulai usaha ini dengan gabung kemitraan beberapa franchise kuliner. Seperti yang udah disebutkan di awal. Berdagang bakso itu selalu ada aja yang beli.

Nah, kamu bisa tuh bermitra dengan frachise bakso kayak Bakso Benhil. Dengan bermodalkan Rp 4 juta, kamu udah bisa mulai usaha berdagang bakso.

2. Usaha barbershop

Di mana-mana tiap orang pasti potong rambut. Sebab kerapian itu adalah syarat yang diminta beberapa tempat kerja. Mau gak mau, karyawan paling gak dua bulan sekali potong rambut. Tentu aja situasi yang kayak begini bisa dimanfaatkan buat mendulang untung.

3. Usaha kesehatan

Pernah perhatikan gak kalau toko obat selalu aja ramai pembeli? Wajar aja toko obat jarang sepi. Soalnya selalu ada aja orang yang butuh obat.

Memulai usaha ini bukanlah perkara gampang. Tapi untungnya udah pasti jelas dan selalu ada. Selain toko obat, kamu juga bisa melirik usaha katering sehat. Apalagi budaya hidup sehat makin jadi tren saat ini. Dari sini kamu bisa nih meraih untung.

Gimana, udah tahu kan apa aja kriteria usaha yang menjanjikan? Moga-moga aja dengan baca informasi barusan kamu bisa sukses dalam menjalankan usaha nanti. Selamat berwirausaha!

قالب وردپرس