Zuckerberg Kehilangan 216 T Karena Saham Facebook Drop

Kamu masih belum lupa pastinya kalau beberapa minggu yang lalu tuh, CEO Facebook Mark Zuckerberg bikin geger karena dinobatkan jadi orang terkaya ketiga di dunia versi Indeks Miliarder Bloomberg. Nah, belum genap sebulan nih, pria yang akrab disapa Zuck kembali bikin geger. Bukan naik ke peringkat dua apalagi satu, tapi malah merosot ke posisi enam. Kok?

Jadi ini emang minggu yang berat buat Zuck. Gimana gak, dalam sehari, kekayaannya raib sampai US$ 15 miliar, atau kalau dirupiahkan tuh sekitar Rp 216,2 triliun!

Valuasi Facebook melorot

Nilai saham perusahaan jejaring sosial itu merosot hingga 19 persen, menjadi hanya US$ 176, saja. Otomatis, penurunan nilai itu langsung berdampak juga pada valuasi perusahaan yang menguap hingga lebih dari US$ 120 miliar atau sekitar Rp 1.729 triliun.

Turunnya valuasi itu tentunya berasa banget ya. Soalnya, sebelumnya Facebook ditaksir punya valuasi hingga US$ 541,5 miliar atau setara Rp 7.806 triliun. Jadi, penurunannya sampai 22 persen lho!

Pertumbuhan pendapatan melambat

mAnjloknya saham Facebook gak lepas dari lambatnya pertumbuhan pendapatan mereka. Pada kuartal dua tahun 2018 ini, keuntungan Facebook hanya 44 persen, turun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni 47 persen.

Menurunnya keuntungan disebabkan oleh pengeluaran besar-besaran yang dilakukan Facebook untuk meningkatkan keamanan data pengguna. Facebook memang berusaha keras untuk meyakinkan user bahwa privasi mereka terlindungi.

Memang, pertumbuhan pendapatan FB dari pasar di negara-negara berkembang dan Instagram cukup lumayan. Namun, jumlahnya dinilai tak cukup banyak untuk menutup kerugian mereka.

Zuckerberg terancam

Bos Facebook ini bukan terancam keamanannya ya guys. Tapi, terancam keluar dari daftar 10 orang terkaya di dunia. Di daftar Indeks Miliarder Bloomberg, Zuck kini di posisi 6 dengan kekayaan US$ 70,6 miliar. Kini posisinya diapit oleh Amancio Ortega, orang tajir Spanyol yang punya brand fashion Zara, dan Carlos Slim Helu, pengusaha Meksiko yang punya banyak bisnis, dari telekomunikasi sampai pertambangan.

Nah, beda dengan itung-itungan Forbes. Media finansial Amerika itu mencatat kekayaan Zuck tinggal US$ 67,1 miliar. Namun, soal rangking, Bloomberg dan Forbes sepakat, Zuck kini layak nangkring di posisi 6. Kalau kerugian ini terus terjadi, gak menutup kemungkinan kan Zuck terdepat dari 10 besar?

Masih ada harapan

Okelah Facebook lagi dilanda badai. Tapi, dilansir dari Forbes, banyak analis pasar modal yang yakin, nilai saham mereka bakal kembali ke posisi awal. Para analis ini pun mendorong para investor untuk membeli saham Facebook selagi nilainya turun.

Mengutip AsiaOne, dari 47 analis yang meng-cover Facebook, sebanyak 43 menganjurkan investor untuk “membeli” saham tersebut. Dua analis menyarankan untuk “menahan”, sedangkan dua lainnya menyarankan untuk “menjual” saham Facebook. Median target harga mereka adalah US$ 219,30.