Pengin Kerja Online dari Rumah? Jadi Freelancer Aja Bisa Kok!

Capek mesti kerja kantoran? Jadi freelancer aja! Selain bisa kerja online dari rumah, banyak keuntungannya lho!

Bisa dimaklumi sih emang kenapa banyak orang maunya pekerjaan itu bisa diselesein di rumah aja. Selain gak harus bangun pagi buta, kerja online dari rumah juga bisa menghindarkan diri dari macet.

Tahu sendiri kan jalanan di kota-kota besar? Macetnya bukan main. Apalagi kalau udah ngomongin jalanan Jakarta. Sering-sering deh yang namanya buka Google Map atau Waze biar tahu jalur yang lancar. Ya meskipun kadang-kadang mesti mutar jauh sih.

Karena itu, solusi dari semua ini adalah dengan menjadi freelancer. Lagian juga sekarang eranya serba online. Artinya, gak mustahil dong kerja online dari rumah.

Udah gitu dengan bekerja sebagai freelancer, lima keuntungan ini bakal kamu rasakan. Apa aja?

1. Punya otoritas buat manage waktu sendiri

kerja online dari rumah
Atur waktu (wanderlustworker)

Ini nih enaknya kerja online dari rumah sebagai freelancer. Kamu punya otoritas atas dirimu dalam bekerja.

Kalau kerja di kantor biasanya mesti ikuti aturan mulai kerja pukul 09.00-18.00, menjadi freelancer gak ada lagi yang namanya cerita kayak gitu.

Kamu bebas kerja pukul berapa aja. Mau pukul 10.00, pukul 14.00, atau tengah malam, jam berapa aja terserah kamu. Yang penting kerjaan beres ya.

Gimana pun juga kamu bertanggung jawab atas hasil kerjamu ke klien. Kalau kerjamu berantakan, itu berarti kamu gak benar manage waktunya. Intinya, bebas asal bertanggung jawab.

2. Gak ada batasan seberapa banyak porsi kerja yang diambil

Kebetulan banget buat kamu yang lagi pengin penuhi pundi-pundi uang sebanyak-banyaknya, menjadi freelancer adalah jawabannya.

Gak kayak di kantor, lemburan kadang ada, kadang gak. Kerja online dari rumah menjadi freelancer bikin kamu lebih leluasa buat ambil sebanyak apa pun pekerjaan yang kamu pengin selesaikan.

Di sini nih enaknya. Saat kamu lagi butuh banyak uang misalnya aja buat traveling, kamu tinggal ambil sebanyak-banyaknya proyek yang bisa kamu kerjakan. Asalkan nih kamu kuat buat selesaikan semuanya.

3. Membangun reputasi

kerja online dari rumah
Reputasi (videoblocks)

Gak cuma di kantor, membangun reputasi juga bisa dilakukan oleh freelancer. Walaupun cuma kerja online dari rumah, bukan berarti lingkup freelancer itu sempit.

Malahan nih freelancer lebih punya banyak relasi ketimbang orang-orang yang kerjanya duduk seharian di kantor. Sebabnya freelancer lebih sering bertemu orang-orang baru.

Selesai proyek satu, kerjakan proyek lainnya. Jelas aja beda proyek, beda klien juga. Kalau si freelancer bisa membuktikan hasil kerjanya itu baik, reputasinya dengan sendirinya terbangun dan menyebar luas.

Apalagi dengan adanya situs kerja freelance macam Sribulancer, Freelancer, hingga Projects. Di sana kamu bisa bangun reputasi. Begitu reputasi bagus dan terpampang dengan jelas, para klien malah yang bakal menawarimu pekerjaan.

4. Bakal jarang ada alasan “Sorry, gak bisa. Lagi sibuk nih”

Gara-gara pekerjaan di kantor sering banget menyita waktu, kamu pasti sering banget ucapin “Sorry, gak bisa. Lagi sibuk nih. Banyak kerjaan.”

Lama-kelamaan kalau sering gitu terus, temanmu bakalan malas buat ajak kamu. Emangnya kamu mau ngalamin hal kayak gitu? Udah capek kerja, waktu buat diri sendiri dikorbankan. Eh, teman-teman udah gak ada yang ngajakin ketemuan lagi.

Beda banget kalau kamu menjadi freelancer. Kamu masih bisa menyisihkan waktu buat diri sendiri dan kumpul bareng teman-temanmu.

Ya, iyalah. Wong freelancer itu kerja online dari rumah. Jelas aja waktunya lebih banyak ketimbang kerja kantoran yang waktunya kebanyakan habis diserap macetnya jalanan.

5. Bisa jadi peluang usaha

kerja online dari rumah
Peluang usaha (rajakaoskakisekolah)

Emangnya bisa? Tentu aja bisa dong. Kamu tinggal ambil banyak proyek terus kamu tawarkan proyek ini ke teman atau orang lain. Begitu selesai dan terima bayaran, kamu tinggal kutip keuntungan buat dirimu sendiri.

Misalnya aja nih kamu ambil proyek bikin artikel dari tujuh klien. Begitu udah tahu berapa bayaran yang nanti didapat, kamu hitung berapa nanti yang kamu kasih ke orang-orang yang kamu rekrut buat kerjakan proyek itu.

Katakanlah satu proyek mengerjakan 100 artikel 600 kata per bulan dengan bayaran Rp 100 ribu per artikel. Kamu ambil aja 20 persen dari satu artikel sebagai untung kamu. Nanti 80 persennya tinggal dijadikan harga yang kamu tawarkan ke orang-orang rekrutanmu.

Dihitung-hitung, untung kan?

Nah, itu tadi untungnya kerja online dari rumah dengan jadi freelancer. Udah efisien karena gak buang-buang waktu di jalan, dapat banyak uang juga lagi. Tertarik kepengin coba? Buruan daftarkan diri sekarang dan mulai pilih pekerjaan yang kamu suka.