Tagihan Listrik Bisa Meledak karena 5 Kesalahan Sepele Ini

Gak sedikit orang yang mengalami sport jantung setiap bulan saat melihat tagihan listrik yang membengkak. Kalau udah begini, yang ada kamu cuma bisa meringis melihat isi dompet.

Sebenarnya, besarnya tagihan listrik bukan hanya disebabkan oleh tarif dasar listrik (TDL) yang  memang hampir gak pernah turun dari waktu ke waktu.

Gak cuma itu, kamu juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang membuat tagihan listrik meledak. Sebab, gak jarang ini diakibatkan oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan.

Banyak lho orang yang gak sadar kalau telah menggunakan berbagai barang elektronik yang gak semestinya.

Misalnya kebiasaan buruk lupa mencabut kabel charge handphone dari stop kontak padahal udah gak digunakan lagi. Atau juga rice cooker yang selalu tercolok selama berjam-jam setiap hari.

Nah, agar tagihan listrik gak meledak dan bikin sakit kepala, mending simak yuk lima kesalahan sepele yang harus kamu hindari ini:

1. Lampu Terus Menyala

tagihan-listrik
Lampu Terus Menyala (beres)

Gak sedikit orang yang seringkali mengabaikan pemakaian lampu dengan terus membiarkan lampu menyala karena merasa watt-nya gak terlalu besar.

Tapi jika dilakukan secara terus-menerus, tentu akan besar juga bukan? Ujung-ujungnya, tagihan listrikmu meledak deh.

Karena itu, sebaiknya kamu mematikan lampu yang gak perlu. Misalnya saat siang hari. Kamu bisa memaksimalkan sinar matahari sebagai penerangan utama.

Atau bisa juga kamu memilih ukuran watt yang tepat untuk beberapa ruangan. Misalnya untuk kamar tidur ukuran 3×3, lampu dengan watt 9-10 sudah cukup terang. Kalau untuk kamar mandi ya 3 watt aja.

Nah, direkomendasikan agar kamu memilih merek lampu LED yang memiliki kualitas bagus karena daya tahannya lebih lama dan lebih hemat energi.

2. Gak melepas colokan rice cooker

tagihan-listrik
Gak melepas colokan rice cooker (geekbuying)

Siapa yang terus-menerus mencolok penanak nasi atau rice cooker di rumah? Ya, emang sih nasi hangat itu lebih enak. Tapi tahu gak kamu kalau itu salah satu bentuk pemborosan listrik?

Karena itu, sebaiknya kamu cabut rice cooker dan colokan kembali jika kamu ingin makan. Yang terpenting jangan sampai kamu mencolok rice cooker selama puluhan jam setiap hari.

Atau kalau kamu mau lebih hemat, kamu bisa menggunakan termos nasi. Kalau ingin mengonsumsi nasi hangat, kamu bisa kukus sebentar menjelang waktu malam.

3. Gak Mencabut colokan dispenser

tagihan-listrik
Gak Mencabut colokan dispenser (orami)

Selain rice cooker, gak sedikit orang yang juga mencolok dispenser selama berjam-jam. Bahkan ada yang 24 jam dan itu dilakukan setiap hari.

Hal itu menjadi salah satu penyebab yang bikin tagihan listrik bengkak. Pasalnya, dispenser yang selalu menyala akan menyedot pemakaian listrik. Penyebabnya ya karena ada pemanasan air yang terjadi secara terus menerus.

Nah, kamu bisa memangkas biaya pemborosan listrik untuk dispenser dengan memasak air jika kamu memang membutuhkan air panas. Atau kalau kamu ingin minum air dingin, kamu bisa memasukkan air ke dalam kulkas.

Dengan begitu, biaya tagihan listrik rumah kamu pun bisa berkurang lho.

4. Gak mencabut charger handphone

tagihan-listrik
Gak mencabut charger handphone (cerpen)

Kesalahan sepele lainnya yang bikin tagihan listrik mahal adalah kebiasaan buruk tidak mencabut charger handphone saat tidak dibutuhkan atau membiarkan charger handphone tetap tercolok di stop kontak.

Meskipun menyedot listriknya tidak sebesar jika kamu men-charge, tapi tetap saja itu adalah pemborosan listrik. Dan dari kecil-kecil itu, lama-lama jadi besar bukan?

Karena itu disarankan agar kamu segera mencabut charger handphone jika sudah selesai. Dan sebaiknya jangan men-charge menjelang tidur. Selain berisiko membuat handphone-mu rusak, tentu saja kamu melakukan pemborosan listrik.

5. Gak bijak menggunakan AC

tagihan-listrik
Gak bijak menggunakan AC (tribunnews)

AC memang menjadi salah satu alat elektronik yang susah untuk dihemat. Terlebih lagi jika suasana lagi panas. Menyalakan AC sudah jadi solusi yang paling tepat.

Tapi di balik kenyamanan itu, pendingin ruangan tersebut menjadi penyumbang pemborosan listrik terbesar dibandingkan dengan alat elektronik lainnya.

Selain itu, menyalakan dan menghidupkan AC terlalu sering juga dapat menyedot listrik yang cukup besar lho. Karena hal tersebut membuat mesin dipaksa untuk bekerja.

Karena itu disarankan agar kamu memilih pendingin ruangan hemat energi yang dapat mengatur suhu secara otomatis. Jadi suhu akan ter-setting secara otomatis sesuai dengan kondisi ruangan. Yakni sesuai dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada.

Gak hanya itu, perlu kamu ketahui kalau rutin membersihkan filter dan coil AC akan membuat AC tidak boros energi.

Nah, itu dia lima kesalahan sepele yang seringkali dilakukan orang dan menjadi penyebab tagihan listrik membengkak. Karena itu, mulai sekarang hindari yuk kebiasaan buruk itu biar kamu gak stres setiap bulan melihat tagihan listrik. Semoga membantu!

قالب وردپرس

error: Content is protected !!