Mobil Boros Bensin? Mungkin Kamu Lakukan 5 Kesalahan Mengemudi Ini

Boros bensin jadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan para pemilik mobil. Padahal kalau dipikir-pikir jarak dari rumah ke kantor gak jauh-jauh banget. Kenapa, ya?

Tanpa disadari, cara berkendara ternyata mempengaruhi konsumsi bensin. Kalau cara berkendara salah, maka konsumsi bensin bakal lebih boros dari biasanya, lho.

Kalau gak percaya, cek deh. Mobil dan jarak yang sama tapi dikendarai oleh dua orang yang berbeda bisa jadi menghabiskan bensin yang berbeda pula.

Lho kok bisa?

Bisa dong. Disimak deh lima kesalahan mengemudi yang bikin mobilmu boros bensin di bawah ini:

1. Terlalu lama panasin mesin

boros bensin
Terlalu lama panasin mobil (pcworld)

Gak sedikit orang yang nyalakan mesin mobil sebelum berangkat aktivitas, terus ditinggal karena ada keperluan lain. Entah buat sarapan atau kegiatan lain yang mendesak.

Gaya seperti ini sebetulnya bisa bikin bensin mobilmu lebih boros lho.

Gimana gak, waktu mesin nyala kan artinya ia mengonsumsi bensin. Kalau terlalu lama, ya bakal banyak juga bensin yang terbuang percuma.

Jadi coba deh panasin mesin mobil sebentar aja. Lima menit cukup deh buat bikin oli melumasi semua bagian mesin.

2. Berkendara dengan kecepatan tinggi

boros bensin
Berkendara dengan kecepatan tinggi (theverge)

Kalau udah telat masuk kantor, gak ada pilihan lain deh selain ngebut. Nah kalau udah gini, bensinmu yang bakal cepat habis.

Kenapa? Karena kalau ngebut, artinya rotasi mesin alias rpm bakal ada putaran tinggi melulu. Kalau rpm tinggi, artinya konsumsi bensin bakal lebih banyak.  

Mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi bukan cuma bikin boros bensin, tapi juga bahaya dan bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Karena itu, bangunlah lebih pagi biar kamu gak buru-buru ke kantor. Jadi, gak ada alasan buat ngebut. Selain itu, berkendara yang baik juga bakal bikin aman dan nyaman, kan?

3. Ugal-ugalan

boros bensin
Ugal-ugalan (realtor)

Selain ngebut, berkendara ugal-ugalan juga bisa bikin boros bensin. Soalnya putaran mesin bakal gak stabil. Kalau udah gak stabil, maka mesin dipaksa mengonsumsi bensin yang lebih banyak daripada bekerja dalam keadaan normal. Apalagi kalau mobilmu jenisnya otomatis yang emang terkenal lebih boros daripada mobil manual.

Sebaiknya kamu hindari deh gaya berkendara ini. Selain bikin keluar uang lebih banyak, kamu juga membahayakan orang lain.

4. Salah gigi

boros bensin
Salah gigi (lifto)

Kalau yang ini cuma kejadian di mobil manual tentunya.

Salah masukin gigi dan terus-terusan ngegas, bisa bikin bensinmu cepat menguap lho. Misalnya kamu seharusnya memasukkan gigi empat tapi tanpa sadar kamu masih menggunakan gigi tiga.

Terus gimana cara tahu kalau kamu lagi gak pakai gigi yang salah? Gampang kok. Kalau kamu merasa mobil ngeden ketika digas padahal lagi gak lewatin tanjakan, maka itu artinya kamu salah gigi. Solusinya ya naikkan gigi mobil cepat-cepat deh.

5. Nyalakan AC melulu

boros bensin
Nyalakan AC melulu (prepareforcanada)

Kalau cuaca lagi panas-panasnya ditambah macet emang paling nyaman berkendara dengan kondisi AC menyala. Karena kamu tentu gak pengin sampai kantor penuh keringat dan bau asap kendaraan. Bisa-bisa malu sama teman kantor.

Tapi menyalakan AC terus menerus bakal mengonsumsi lebih banyak bensin. Soalnya, kompresor AC bakal memberi beban berlebih ke mesin.

Untuk masalah ini, kamu bisa mengakalinya dengan membuka jendela saat kondisi jalan udah lowong. Selain itu kamu juga bisa bebas buka kaca mobil waktu pulang. Soalnya kan udah malam, jadi gak mungkin panas. Tapi itu kalau gak hujan sih.

Itu dia lima kesalahan mengemudi yang bikin mobilmu boros bensin. Karena itu kalau gak pengin isi dompetmu cepat habis, sebaiknya ubah cara berkendara kamu ya.

قالب وردپرس

error: Content is protected !!