Langkah Lengkap Bayar Pajak Mobil di Samsat

Gak ngerti gimana langkah lengkap bayar pajak mobil di Samsat? Jangan lantas pakai biro jasa lho. Soalnya ini bikin kamu mengeluarkan biaya ekstra yang gak sedikit.

Asal kamu tahu nih, proses bayar pajak mobil itu gak ribet. Prosesnya juga gak lama. Kalau kamu datang pagi palingan cuma makan waktu satu jam aja, atau bisa jadi kurang dari itu.

Sebenarnya proses pembayaran pajak ini ada dua. Ada yang perpanjangan per tahun ada yang lima tahun. Kita bakal bahas dua-duanya karena tata caranya agak beda emang. Tapi buat yang pertama ini, bahas pajak tahunan dulu ya.

Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Ambil formulir perpanjangan STNK

bayar-pajak-mobil
Yuk cek STNKnya dari sekarang, barangkali pajaknya udah harus dibayar (Tribunnews)

Pertama-tama, ambil formulir perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) ke petugas yang berada di samping loket. Isi formulir tersebut, dan kalau bisa bawa pulpen dari rumah biar bisa mengisi formulir tersebut dengan cepat.

Setelah kamu isi formulir, ambil nomor antrian dan siapkan dokumen-dokumen. Selengkapnya di poin selanjutnya.

2. Siapkan dokumen sembari menunggu dipanggil ke loket

Biar cepat, siapkan dulu dokumen-dokumen ini dan gabung ke dalam satu map. Kamu tinggal menyerahkan map beserta formulir ketika nama kamu dipanggil. Dokumen-dokumen yang dimaksud adalah:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopinya
  2. STNK asli dan fotokopinya, (bila mobil masih dikredit)
  3. Formulir perpanjangan STNK
  4. Fotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor alias BPKB

Setelah menyerahkan dokumen-dokumen tersebut, kamu bakal mendapat slip pembayaran STNK.

3. Bayar pajak mobil di kasir

bayar-pajak-mobil
Dateng pagian biar gak desek-desekan (Kompas)

Kamu harus membayar sejumlah uang di loket sebelahnya, alias kasir. Jadi bukan ke petugas yang tadi lho ya.

Kalau pengin aman, bawa uang tunai dengan nominal sama dengan yang tertera di slip pembayaran. Ya kalau ada lebih-lebih dikit pasti dikembalikan sih, tapi berhubung di sana banyak orang yang mereka layani, tentu risiko kurang kembalian tetap aja ada.

Setelah itu kamu bakal menerima bukti pelunasan pajak mobil. Jangan sampai bukti itu hilang ya. Setelah bayar, duduk manis dulu di depan loket dan tunggu dipanggil lagi.

4. Pengambilan STNK

Satu hal yang harus kamu tahu, proses pengambilan STNK ini sifatnya ngacak. Bukan berarti misalkan kamu bayar pertama pasti STNK-mu juga jadi yang pertama.

Makanya, setelah bayar STNK, duduk santai deh di depan loket dan dengar baik-baik nama yang dipanggil petugas. Jangan sekali-kali pakai headset dan dengerin musik.

Ketika namamu dipanggil, serahkan bukti pembayaran itu dan ambil STNK dan KTPmu. Di sana kamu juga bakal dapat kuitansi pembayarannya. Mudah banget bukan?

Perpanjangan pajak lima tahunan

bayar-pajak-mobil
Yang lima tahunan caranya juga gampang kok (Liputan 6)

Biar lengkap, kita juga bakal membahas gimana caranya bayar pajak lima tahunan. Sebenarnya sih, cara bayarnya gak jauh beda sama yang pertama, tapi ada hal lain yang harus kamu lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Cek fisik

Sesampainya di Samsat, jangan parkir kendaraan dulu ya. Cari tempat cek fisik dan antre di sana buat cek fisik kendaraan.

Ada baiknya kamu tahu di mana letak lokasi nomor mesin dan rangka bila mobilmu bukan mobil keluaran Jepang. Biar para petugas gak kesulitan mencari nomor rangka tersebut.

Dan ingat lho, proses ini gak dipungut biaya. Tapi berhubung banyak para pemilik mobil ini sering ngasih duit ke petugas lantaran proses ini merepotkan, maka ya terserah kamu deh gimana baiknya aja. Kalau pengin ngasih sebagai ucapan terima kasih ya sah-sah aja.

2. Proses selanjutnya sama seperti proses perpanjangan STNK biasa, tapi…

Setelah cek fisik, proses bayar pajak mobil lima tahunan ini sama aja seperti bayar tahunan. Tapi yang jadi perbedaan adalah, STNK yang kamu terima berlaku buat lima tahun ke depan.

Selain itu, kamu juga bakal diminta mengambil plat nomor baru. Setelah itu kamu diarahkan ke loket pengambilan plat nomor.

3. Ambil plat nomor baru dan selesai..

Lokasi pengambilan plat terpisah dengan perpanjangan STNK ya. Kalau kamu udah terima plat, berarti semua proses udah selesai. Kamu bisa pulang deh tanpa takut lagi ditilang.

Itulah langkah lengkap bayar pajak mobil di Samsat. Gak ngebingungin, kan? Dan pastinya setelah tahu langkah ini, udah gak perlu lagi deh bayar biro jasa buat ngurus pajak.

Atau malah karena udah tahu langkah lengkap bayar pajak mobil di Samsat, kamu tertarik buka biro jasa sendiri? Ya sah-sah aja kok. Kan bagus bisa dapat penghasilan tambahan.

قالب وردپرس

error: Content is protected !!