8 Pekerjaan Buat Kamu yang Suka Bangun Siang

Siapa bilang kalau pekerja gak boleh bangun siang? Enggak juga lho. Soalnya emang gak semua pekerjaan yang harus dimulai dari pagi. Malah ada beberapa pekerjaan yang emang cuma bisa dikerjakan saat menjelang malam hingga dini hari.

Nah, buat kamu para “makhluk nokturnal” alias baru bisa produktif saat sebagian besar orang udah tidur, yuk cobain beberapa opsi profesi berikut.

1. Freelancer

Bangun siang
Jadi freelancer alias pekerja lepas (tomorrowmakers)

Namanya juga pekerja lepas, jadi gak dibatasi sama waktu tertentu. Kamu yang emang pekerja lepas bisa leluasa tentukan jam kerja. Mau siang kek, pagi kek, yang penting kan kerjaan beres.  

Cukup banyak pekerjaan yang gak terikat kantor tapi ternyata hasilkan banyak uang, kok.

Contoh, buat kamu yang jago menulis, kamu bisa jadi penulis buku atau penulis lepas di Internet. Cukup banyak contoh penulis yang sukses, bahkan kaya raya, lho.

Selain menulis, kamu yang jago di bidang lainnya pun tetap bisa menawarkan kemampuan tersebut pada yang membutuhkan. Contoh, kalau punya skill coding, kamu bisa bekerja sebagai programmer lepas.

2. Guru les privat

bangun siang lebih sukses
Guru privat (lesprivatzenith)

Beda dengan guru di sekolah yang biasanya dapat jadwal pagi, seorang guru les privat jauh lebih fleksibel.

Murid-murid kamu emang biasanya punya waktu setelah pulang sekolah. Di pagi hari kamu masih bisa tidur dulu, beres-beres rumah dulu, nyuci baru dulu, baru deh sore atau malah malam mulai ngajar.

3. Standup comedian

efek bangun pagi
Mongol (kompas)

Bekerja di dunia hiburan bisa jadi opsi buat kamu yang gemar bangun siang. Namun biar dapat jatah kerja malam, kamu bisa coba jadi standup comedian alias komika aja.

Seorang komika biasanya emang manggung malam hari, waktu orang-orang udah lepas dari jam kantornya.

Salah satu komika yang dibayar mahal adalah Mongol. Dia bisa dapat Rp 22,5 juta per 15 menit tampil.

Tertarik mengikuti jejaknya? Ya harus banyak-banyak belajar dan jam terbang dulu. Semakin tenar, semakin mahal bayaran kamu.

4. DJ

akibat bangun siang terus
Jangan remehkan pekerjaan DJ (forbes)

Ini dia profesi yang benar-benar bisa bikin kamu bangun siang tetapi tetap dapat pendapatan lumayan.

Gaji seorang DJ gak boleh diremehkan. Di Indonesia, seorang DJ terkenal bisa dapat bayaran mulai dari Rp 4 juta hingga gak terhingga. Itu buat sekali manggung, lho.

Yang paling penting bagi seorang DJ adalah bisa menentukan musik yang tepat dan bikin orang goyang. Semua bergantung pada acara yang kamu isi, apakah kamu jadi DJ buat klub, lounge, atau pesta pernikahan.

5. Bartender

manfaat bangun siang
Bartender gak kalah keren sama profesi lainnya (punchdrink)

Apalah arti mengunjungi tempat hiburan malam bila gak ada bartender. Siapa yang bakal menyajikan minuman buat para pengunjung?

Nah, kamu yang lebih senang buat “hidup” dari malam hingga dini hari bisa mencoba profesi ini. Selain dapat uang, kamu pun bisa menikmati musik setiap harinya plus cuci mata lihat pengunjung yang cakep-cakep.

6. Wartawan

kebiasaan bangun siang
Dahlan Iskandar dulunya wartawan (tempo)

Emang sih bisa aja seorang wartawan dapat tugas buat bertemu narasumber atau menghadiri konferensi pers di pagi hari. Tapi kadang juga acara dan narasumber baru bisa ditemui sore dan malam hari.

Kalau udah begini, kan kamu bisa bangun siang meski gak setiap hari.

Tapi perlu diingat, jam kerja wartawan biasanya panjang banget, lebih dari orang kantoran. Mereka bisa kerja 10 sampai 12 jam per hari, tergantung lagi meliput apa.

7. Petugas kesehatan

efek bangun pagi
Harus standby bahkan malam hari (kemenag)

Petugas kesehatan harus standby 24 jam. Itu artinya, buat kamu yang bekerja di bidang ini bisa jadi kamu bakal dapat shift jaga dari malam hingga dini hari.

Soal gaji? Petugas kesehatan seperti perawat dan dokter sering kali punya penghasilan lumayan banget. Gak heran cukup banyak orang bercita-cita jadi dokter atau perawat. Tapi ya, biaya kuliahnya juga lebih mahal dari jurusan kebanyakan sih.

8. Petugas call center

jam berapa sebaiknya bangun pagi
Call-center (phintraco)

Sama seperti petugas kesehatan, call center juga biasanya harus siap siaga 24 jam buat terima telepon. Entah itu call center provider telepon, bank, dan sebagainya.

Buat kamu yang bekerja di call center pasti biasa banget dapat shift malam. Kalau kebagian jatah, kamu bisa bangun siang deh.

Gaji bekerja di call center tergantung banget dari perusahaan tempat kamu bekerja. Bila kamu kerja di call center bank biasanya punya gaji yang tinggi.

9. Kerja di perusahaan yang fleksibel

wanita bangun siang
Contoh kerja di startup Bukalapak (tribunnews)

Ini dia opsi terakhir yang bisa kamu tempuh bila pengin kerja tanpa ikatan waktu. Cukup banyak perusahaan yang kini menerapkan waktu fleksibel buat para karyawannya, lho.

Biasanya perusahaan tersebut adalah startup alias perusahaan rintisan. Culture-nya yang menerapkan “yang penting kerjaan beres” tentu bikin kamu bisa bangun siang. Apalagi cukup banyak pekerjaan yang emang gak perlu jam kerja buat diselesaikan.

Jadi tertarik buat coba profesi yang mana, nih? Yang jelas, mau bangun siang atau pagi, kamu harus tetap bekerja keras, ya. Jangan malas-malasan kalau emang lagi di tempat kerja.

قالب وردپرس

error: Content is protected !!