5 Caranya Mendidik Anak Biar Hemat dan Gak Boros

Mendidik anak agar gak boros dan hemat memang bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi dia belum mengerti pentingnya uang. Tapi bukan berarti gak bisa lho.

Pasalnya mendidik anak mengatur keuangan sejak dini itu penting banget demi masa depan mereka. Gak mau dong anak jadi gak bisa ngatur keuangan dan hidup terlilit utang setelah dewasa?

Makanya, penting banget mendidik anak soal cara mengelola keuangan yang baik. Gimana caranya? Ikuti lima trik ini ya.

1. Membelikan celengan

mendidik-anak
Membelikan celengan (tutores)

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mendidik anak agar hemat dan gak boros yaitu dengan membelikannya celengan.

Ajarkan si kecil agar selalu menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung. Beritahu dia soal pentingnya menabung dan beritahukan juga apa dampak yang akan terjadi kalau tidak menabung.

Nah, kalau bisa belikan celengan yang bentuknya unik agar keinginan si kecil menabung lebih besar.

2. Ajarkan konsep bekerja

mendidik-anak
Ajarkan konsep bekerja (anandakita)

Umumnya anak-anak mendapatkan uang dari kedua orangtuanya, sehingga ia tidak mengetahui kalau mendapatkan uang itu butuh usaha. Salah satunya ya dengan bekerja.

Karena itu, kamu bisa memberikan uang jajan atau membelikan mainan jika ia melakukan hal yang baik. Contohnya saat dia merapikan dan meletakkan mainan setelah digunakan di tempatnya.

Dengan begitu, anak akan mengetahui kalau dibutuhkan kerja keras dan usaha untuk mendapatkan uang.

3. Memberikan uang jajan secukupnya

mendidik-anak
Memberikan uang jajan secukupnya (thetrust)

Sebagai orangtua, memang sudah tugasnya untuk memberikan uang jajan kepada anak. Tapi hindari memberikan uang jajan secara berlebihan ya.

Pasalnya, hal tersebut dapat mendorong si kecil untuk menghabiskan uang lebih dari yang dibutuhkan. Bahkan yang menyeramkan lagi adalah anak akan terbiasa untuk hidup konsumtif.

Karena itu, sebaiknya berikan uang jajan kepada anak sesuai dengan kebutuhannya dan jangan lupa juga untuk mengajarkan anak menabung dan beramal.

4.  Melakukan aktivitas belanja hemat

mendidik-anak
Melakukan aktivitas belanja hemat (telegraph)

Anak akan menjadikan kedua orangtua sebagai panutan yang akan dia contoh. Nah, kalau kamu ingin si kecil hidup hemat, terapkan terlebih dahulu pada diri kamu dan pasangan ya. Perlihatkan sikap hemat itu di depan anak, salah satunya dengan melakukan belanja hemat bersama.

Misalnya, kamu mengajak si kecil ke supermarket lalu tunjukkan bagaimana cara belanja yang penuh perhitungan dan tidak membeli barang sembarangan. Jangan sampai si kecil melihat kamu berbelanja tanpa kontrol dan impulsif.

Dengan begitu, anak akan mencontoh di kemudian hari untuk berbelanja dengan teliti dan hanya membeli sesuatu yang memang dibutuhkan.

5. Biasakan berbelanja dengan uang tunai

mendidik-anak
Biasakan berbelanja dengan uang tunai (goodhousekeeping)

Gak sedikit orang yang terlilit utang kartu kredit karena tidak bisa menggunakannya dengan bijak. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, kartu sakti ini sangat membantu kamu lho.

Pasalnya salah satu penyebab yang membuat orang kelilit utang kartu kredit adalah kebiasaan menggesek untuk membeli sesuatu.

Karena itu, sebagai orangtua, sebaiknya kamu tidak mencontohkan hal tersebut terutama saat berbelanja bersama anak.

Hindari menggunakan kartu kredit saat berbelanja karena hal itu bisa membuat anak meniru gaya belanjamu saat dewasa nanti.

Berbelanja menggunakan uang tunai lebih disarankan. Selain agar anak gak kecanduan kartu kredit, juga dapat membuat kamu mengontrol pengeluaran belanja. Kecuali kalau ada promo atau diskon jika pembeliannya dilakukan dengan kartu kredit ya.

Itu dia lima cara mudah mendidik anak agar tidak boros. Cara tersebut penting diterapkan kepada anak sejak dini, agar di masa depan ia tidak menjadi pribadi yang konsumtif dan menghambur-hamburkan uang.

قالب وردپرس

error: Content is protected !!