Saat Teman Pinjam Uang, Lakukan 6 Cara Ini untuk Menagihnya

Apapun yang dipinjam oleh temanmu tentu harus dikembalikan dong, termasuk jika dia pinjam uang. Tapi jika dia belagak amnesia yang berujung gak bayar utang dalam jangka waktu lama, maka kamu harus segera menagih utang demi kesehatan finansialmu.

Ngomong-ngomong soal nagih utang, gak sedikit dari kamu yang sungkan melakukan hal ini bukan? Apalagi kalau yang pinjam uang adalah sahabatmu sendiri yang sudah akrab banget. Tentu makin sungkan nagihnya.

Tapi kalau gak ditagih, sudah pasti keuanganmu jadi berantakan. Wassalam deh cita-cita mau makmur di tahun 2018 gak bakal tercapai.

Gak mau dong tentunya jika cita-citamu di 2018 itu kandas gara-gara teman yang pinjam uang tapi gak dibayar? Kalau begitu, tagih saja utangmu dengan enam cara ini.

1. Tagih setiap hari

pinjam uang
Udah berasa kayak debt collector aja nih (tech crunch)

Bila sampai dia gak kunjung bayar utang sampai batas waktu yang dijanjikan tanpa alasan yang masuk akal, tagih terus sampai dia bayar. Gak usah malu atau merasa gak enak. Mestinya dia yang malu dong karena gak bayar utang.

Kalau nyatanya dia malah lebih galak daripada kamu, galakin balik dan jangan diam saja. Bahkan kalau perlu tagih setiap hari sampai dia bosan.

Jika muncul rasa lelah menagih utang di hatimu, coba ingat-ingat lagi sama kebutuhan bulanan. Bila dia sudah bayar utang, pasti beban finansialmu per bulan lebih ringan bukan?

2. Hubungi keluarga atau kerabat yang bersangkutan

Apabila temanmu mencoba menghindari, hubungi saja keluarga atau kerabat terdekatnya. Mintalah bantuan kepada mereka untuk membantumu dalam menagih utang.

Jika keluarganya gak bisa membantumu untuk hal ini, mintalah informasi tentang nomor telepon atau keberadaan yang bersangkutan. Hubungilah dia atau hampiri, dan tagih utangnya.

3. Jangan izinkan dia memperpanjang tenggat waktu bayar utang

pinjam uang
Enak aja minta panjangin tenggat waktu (cecraig)

Seandainya dia meminta perpanjangan tenggat waktu untuk bayar utang tanpa alasan yang masuk akal, jangan berikan. Pernyataan itu bisa jadi ditujukan untuk mengulur waktu sebelum melarikan diri.

Ketika kamu menyetujui perpanjangan tenggat waktu itu, bisa saja dia mulai mengganti nomor ponsel, pindah alamat, atau melakukan apapun untuk menghilangkan jejak. Kamu yang menagih utang akhirnya kebingungan dalam mencarinya.

4. Buat perjanjian tertulis bermaterai

Perjanjian ini ditujukan apabila kamu percaya dia akan membayar utang dalam jangka waktu yang ditetapkan. Kamu pun mengerti kenapa selama ini dia menunda-nunda urusan bayar utang denganmu.

Agar dia tetap komitmen dalam bayar utang, buat saja perjanjian tertulis yang menyatakan kesepakatan pembayaran utang dalam waktu yang ditentukan. Ingat ya, berani pinjam uang artinya berani bayar juga.

5. Tagih setiap tanggal muda

pinjam uang
Pas banget tanggal tua, tagih aaahh (Buzzplus)

Jangan lupa untuk mengingatkannya bayar utang di tanggal muda. Kenapa harus tanggal muda? Jelas saja, karena di masa itu tentu dia sudah gajian.

Tapi gak perlu kasar juga saat menagih utang. Sindir saja dia secara halus dengan mengatakan, “Cieee baru gajian, banyak duit nih.”

Kalau dengan sindiran itu dia masih gak peka dan gak bayar utang, baru deh ingatkan secara verbal. Moga-moga dia gak belagak amnesia lagi.

6. Bila yang pinjam uang kerja di kantor yang sama, mintalah bantuan HRD

Beruntung deh jika yang pinjam uang adalah teman satu kantor. Kamu bisa minta bantuan atasannya atau divisi personalia alias HRD.

HRD akan menjadi penengah antara kamu dan temanmu yang pinjam uang. Kalau masalah ini tetap saja gak diselesaikan, tentu ada kebijakan lain yang bisa diambil HRD buat menyelesaikan masalahmu. Misalnya dengan langsung memotong gaji temanmu tiap bulan untuk mencicil utangnya ke kamu.

So, sudah gak bingung kan untuk menghadapi teman yang sering nunda-nunda bayar utang? Pokoknya, jangan anggap enteng masalah ini lho.

Yang namanya minjem ya harus dibalikin. Kalau lupa balikin ya harus diingetin dong. Bilang saja ke dia, punya utang banyak itu gak enak lho. Angela Lee saja punya utang sampai Rp 2 miliar dan hidupnya jadi semerawut. Jangan sampai kayak gitu ya.

قالب وردپرس

error: Content is protected !!