Wanita Indonesia Terkaya, Hartanya 11 Triliun. Siapa Arini Subianto?

Dengan hartanya yang mencapai Rp 11 triliun, Arini Subianto dinobatkan sebagai wanita Indonesia terkaya oleh Majalah Forbes tahun ini.

Emang siapa sih Arini Subianto ini? Siapanya Prabowo Subianto?

Eits, meskipun namanya sama, Arini Subianto gak punya hubungan darah sama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Perempuan berusia 47 tahun ini adalah putri dari mendiang Benny Subianto, Komisaris Adaro Energy, sekaligus mantan Presiden Direktur Astra Argo dan United Tractors.

Buah emang jatuh gak jauh dari pohonnya. Arini, yang merupakan putri sulung Benny, ternyata juga mewarisi kepiawaian sang ayah dalam memimpin perusahaan besar.

Berhubung wanita Indonesia terkaya ini jarang tampil di media, yuk mari kita kenalan dulu!

1. Lulusan Amerika Serikat

wanita indonesia
Inilah bu Arini Subianto (Metrotvnews)

Arini Sarraswati Subianto ternyata punya passion yang tinggi di bidang menggambar dan desain. Sebenarnya dia pernah menekuni studi di Universitas Parahyangan Bandung, namun akhirnya sang ayah menawarinya kuliah di Amerika Serikat.

Akhirnya, Arini pun masuk ke Parsons The New School of Design, dan saat kuliah dia mendapat bimbingan dari desainer busana ternama, Donna Karan dan Marc Jacobs. Arini lulus dari Parsons pada 1994, lalu melanjutkan studinya dan meraih gelar MBA di Graduate School of Business Fordham University, New York.

2. Merupakan pendiri Toko Buku Aksara dan bos besar di banyak perusahaan

wanita indonesia
Ternyata, Arinilah yang mendirikan Toko Buku Aksara (decodeko)

Selain desain, salah satu passion yang dimiliki Arini adalah buku. Arini pun mendirikan Aksara bersama rekannya Winfred Hutabarat. Pada saat awal didirikan, Aksara gak hanya menjual buku, melainkan juga CD, dan beragam pernak-pernik untuk hadiah.

Selain merupakan founder dari toko buku ternama itu, Arini juga merupakan Presiden Direktur Persada Capital Investama, PT Tri Nur Cakrawala, dan PT Pandu Alam Persada. Selain itu, Arini juga menjabat sebagai Komisaris PT Adaro Energy Tbk, dan PT Dharma Satya Nusantara Tbk.  

3. Peringkat ke 37 dari 50 orang terkaya di Indonesia

wanita indonesia
Arini memang selalu tampil dengan gayanya yang berkelas (Brilio)

Dengan kekayaannya yang sebesar Rp 11 triliun, Arini menduduki posisi ke-37 dari 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Arini berhasil mengalahkan Kartini Muljadi, perempuan berusia 87 tahun yang dinobatkan sebagai perempuan terkaya kedua di Indonesia.

Kartini sendiri duduk di posisi 44 dengan total kekayaan sebesar Rp 9,1 triliun. Masih sulit tentunya untuk menyalip Arini Subianto. Apalagi bos Djarum Hartono bersaudara yang hartanya sampai Rp 435 triliun.

4. Sumber kekayaannya dari batu bara dan produk perkebunan

wanita indonesia
Hasil tambang dan perkebunan berkontribusi pada kekayaan Arini (Merah Putih)

Sumber kekayaan wanita Indonesia ini gak lain dan gak bukan berasal dari tambang dan produk perkebunan. PT Persada mengawasi investasi di produk pengolahan kayu, karet, hingga batu bara.

Meski demikian, kekayaan Arini ternyata masih belum setara dengan ayahnya. Karena pada 2016, Benny Subianto duduk di peringkat ke-33 orang terkaya di Indonesia, dengan harta sebesar Rp 12,64 triliun.

Wah kalau punya harta sebanyak itu, tujuh turunan juga gak bakalan habis kali ya. Tapi kalau hidup foya-foya terus sih ya bisa aja terkuras sih.

5. Seorang janda anak dua

wanita indonesia
Dia adalah istri dari mendiang Andre Mamuaya seorang pendiri klub basket (Konfrontasi)

Perempuan yang terlihat kalem tapi bergaya hidup sosialita ini adalah istri dari mendiang Andre Mamuaya. Andre adalah pemilik klub basket Garuda Bandung, yang saat itu juga menjabat sebagai Director of Corporate Affair PT Adaro Energy.

Andre meninggal dunia pada 2012 karena kecelakaan lalulintas. Dia menabrak Toyota Innova saat menunggangi motor Ducati miliknya di Jalan Sudirman. Waktu itu usianya masih 42 tahun lho.

Dari pernikahannya dengan Andre Mamuaya, Arini dikaruniai dua orang putra, yaitu Azarian Rafi Mamuaya dan Azel Rasyid Mamuaya. Dalam pernyataannya di media, Arini pernah menyatakan bagaimana dirinya sangat mencintai mendiang suaminya tersebut.

Oleh karena itulah, olahraga basket jadi kenangan tersendiri bagi Arini Subianto. Meski Andre telah tiada, Arini tetap menyuarakan dukungannya terhadap tim basket Garuda.

6. Kreatif dan inspiratif

wanita indonesia
Wanita yang satu ini memang jarang banget terlihat di media. Kalau papasan pun mungkin kamu gak ngeh kalau dia adalah wanita Indonesia terkaya (Okezone)

Telah disebutkan di atas bahwa Arini adalah pencinta buku. Kecintaannya pun gak hanya sebatas dalam hal membaca, melainkan juga dalam memanfaatkan “buku” itu sendiri.

Pada 2012 silam, wanita Indonesia terkaya ini mengatakan bahwa dirinya lebih sering membuat agenda di buku, ketimbang di ponsel atau media digital lain. Alasannya adalah karena dengan menulis, dia bisa menjadi makin kreatif.

Arini sangat menyukai sekolah yang sering memberi tugas membaca dan menulis kepada murid. Karena dia khawatir kalau anak-anak gak terbiasa membaca buku, dan cuma mengkonsumsi informasi singkat seperti kicauan di Twitter atau Facebook.

Setelah mengetahui enam fakta soal Arini Subianto di atas, bisa disimpulkan kalau meskipun dia adalah anak orang kaya, Arini gak pernah mengesampingkan pendidikan dan terlena akan harta.

Berkat kompetensinya di bidang bisnis, Arini pun bisa tampil sebagai wanita Indonesia yang sukses meskipun sang ayah sudah mangkat.

Dia juga sempat bercerita tentang bagaimana ayahnya yang notabene adalah “bos” tapi masih mau jaga stand di Jakarta Fair. Cerita itu ternyata sangat menginspirasi Arini untuk bekerja keras.

So, bila kamu ingin seperti Arini Subianto, rahasianya gak sulit kok. Cuma kerja keras saja dan tentunya sering membaca agar wawasan juga luas, udah itu aja.

قالب وردپرس

error: Content is protected !!