Untuk Air Mineral Terbaik, Pilih Aqua atau Le Minerale?

Aqua dan Le Minerale. Dua produk ini lagi panas bersaing di industri air mineral dalam kemasan. Lho kok panas, emang mereka berdua kenapa?

Mungkin di antara kamu ada yang belum tahu bahwa Aqua dan Le Minerale lagi berseteru. Perseteruan dua merek ini berawal ketika Aqua dituduh melarang outlet di Jabodetabek untuk menjual produk Le Minerale.

Tak terima, para pemilik outlet pun ramai-ramai melapor ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Kasus tersebut dibawa ke persidangan karena diduga terjadi monopoli usaha dari Aqua.

Sampai saat ini persidangan belum memutuskan kasus tersebut. Siapa yang salah dan siapa yang benar pun belum ada hasilnya.

Bisnis air minum dalam kemasan alias AMDK emang gak ada matinya. Sebab, kebutuhan orang untuk minum sangatlah besar, dan ketersediaan air bersih di Indonesia masih belum mencukupi.

Pada 2015 saja, Asosiasi Perusahaan Air Minum dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN) mencatat total produksi nasional AMDK mencapai 25 miliar liter.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 60 persen atau 15 miliar liter dikonsumsi di Jabodetabek, dan sisanya menyebar di seluruh Indonesia. Maka jangan heran kalau sekarang ini makin banyak merek air mineral kemasan dijual di pasaran.

Nah balik lagi ke kasus Aqua vs Le Minerale, DuitPintar gak akan ngebahas lebih jauh soal perseteruan antara dua merek air mineral tersebut.

Alih-alih, kami akan membandingkan dua produsen air minum tersebut untuk menentukan mana yang terbaik buat konsumen. Tentunya dari sisi finansial juga dong, supaya belanja bulanan gak boros. Yuk disimak!

1. Siapa lebih dulu jualan air minum kemasan?

Air mineral
Aqua vs Le Minerale (Solopos)

Aqua

Bicara tentang air minum kemasan pasti gak bisa lepas deh dari merek Aqua. Merek ini adalah pelopor air kemasan di Indonesia. Aqua mulai diproduksi pada 1973 oleh PT Aqua Golden Mississippi.

Pada awal produksinya, Aqua dijual dengan harga Rp 75 dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml. Lalu pada 1998, Aqua dan grup Danone sepakat untuk bekerja sama.

Kerja sama tersebut menjadikan kualitas produk Aqua meningkat. Sehingga membuat Aqua menjadi produsen AMDK terbesar di Indonesia.

Le Minerale

Bisa dibilang, Le Minerale adalah produk air mineral zaman now. Soalnya air minum kemasan ini baru diluncurkan pada awal 2015 lalu.

Le Minerale diproduksi oleh PT Tirta Frisindo Jaya yang tak lain adalah anak usaha Grup Mayora. Le Minerale ini merupakan salah satu produk yang paling bontot dimiliki Mayora.

Jadi bisa dibandingin deh, dari kedua produk ini siapa yang punya pengalaman jualan air minum kemasan lebih lama. Tentu saja yang lebih unggul di poin ini adalah Aqua.

Iya dong, merek ini udah dijual sejak puluhan tahun lalu. Beda dengan Le Minerale yang baru lahir dua tahun belakangan ini.

2. Varian Aqua vs Le Minerale

air mineral
Varian kemasan Aqua dan Le Minerale (Kontan)

Sebagai pelopor AMDK pertama di Indonesia, Aqua sudah banyak meluncurkan varian kemasan. Sedikitnya terdapat sekitar tujuh varian kemasan Aqua.

Berbeda dengan juniornya, Le Minerale yang baru mengeluarkan tiga varian kemasan. Simak perbandingannya dalam tabel di bawah ini.

air mineral

Dari tabel di atas sudah bisa ditebak produk mana yang lebih unggul dari segi varian kemasan. Aqua sedikitnya punya tujuh varian kemasan yang sering dijual di warung dan toko. Sementara Le Minerale baru tiga varian kemasan.

Nah, jenis-jenis varian kemasan tersebut bisa jadi pilihan buat kamu. Produk mana yang mudah didapat di toko-toko. Dan produk mana yang variannya lebih banyak.

3. Harga Aqua vs Le Minerale

air mineral
Harga Aqua dan Le Minerale bervariasi (Marketeers)

Mari kita adu harga Aqua vs Le Minerale. Agar lebih fair, mari bandingkan harga masing-masing varian Aqua dan Le Minerale untuk ukuran 330 ml, 600 ml dan 1.500 ml. Karena ketiga varian itulah yang baru diproduksi oleh Le Minerale.

Harga produk Aqua dan Le Minerale yang dijual di warung atau toko sangat bervariasi. Harga produk Aqua di toko A biasanya berbeda dengan di toko B. Begitu pun juga dengan produk Le Minerale.

Tapi sebagai perbandingan, berikut gambaran rata-rata harga masing-masing produk Aqua dan Le Minerale per botolnya di lima supermarket dan minimarket populer.

air mineral

Berdasarkan tabel di atas, seperti dikatakan dari awal, agak sulit menentukan siapa yang lebih murah dari produk air minum Aqua dan Le Minerale. Beda toko, biasanya berbeda harga juga.

Pilih Aqua atau Le Minerale?

air mineral
Jadi kamu pilih minum Aqua atau Le Minerale? (Healthaway)

Setelah melihat paparan-paparan di atas, ada beberapa poin yang bisa ditarik kesimpulan.

Terkait siapa yang lebih dulu terjun ke bisnis air mineral, jelas Aqua lebih unggul.

Soal varian kemasan Aqua juga lebih banyak. Begitu juga soal harga. Untuk tiga varian kemasan, rata-rata Aqua masih lebih murah dibandingkan Le Minerale

Nah, dari beberapa informasi antara Aqua dan Le Minerale di atas, kamu pilih yang mana nih?

قالب وردپرس

error: Content is protected !!