4 Channel Youtube Ini Ngasih Kamu Pelajaran Keuangan Gratis Lho

Hampir setiap orang punya masalah keuangan. Duit boros, utang numpuk, cicilan belum dibayar, gaji kecil, dan hal-hal senada lainnya.

Atau jangan-jangan kamu malah bingung karena terlalu banyak duit?

Gak usah bingung. Permasalahan keuangan sekarang perlahan bisa diatasi oleh ahlinya. Jadi bukan hanya penyakit fisik aja yang bisa disembuhkan. Tapi penyakit keuangan juga.

Apalagi, dokter keuangan yang satu ini gak perlu didatangi ke rumah sakit. Cukup kita menyaksikan para ahli perencana keuangan ini berbicara di channel YouTube mereka dan ambil ilmunya.

Secara gratis, para perencana keuangan ini membagikan tips-tips persoalan keuangan. Mulai dari cara mengelola duit sendiri, memilih investasi, asuransi, pensiun, dan lainnya.

Berikut ini empat channel YouTube perencana keuangan Indonesia yang bisa bermanfaat buat kita belajar mengatur keuangan:

1. Zap Finance TV

Channel YouTube ini dikelola oleh perusahaan perencana keuangan independen ZAP Finance. Salah satu ikonnya adalah Prita Ghozie yang juga sebagai CEO perusahaan.

channel youtube
Prita Ghozie (swa.co.id)

Prita Hapsari Ghozie adalah nama lengkapnya. Selain sebagai perencana keuangan, dia juga aktif sebagai penulis, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dan ibu rumah tangga yang punya dua orang anak.

Di channel YouTube ini, Prita memberikan banyak materi seputar keuangan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah materi soal biaya resepsi pernikahan, mengatur keuangan wanita single, mengatur keuangan anak, dan banyak lagi.

Sebagian besar video yang ditampilkan adalah hasil talk show Prita dengan beberapa stasiun televisi nasional. Tertarik dengan materi perencanaan keuangan dari Zap Finance TV? Cek aja langsung di channel YouTube-nya.

2. Aidil Akbar Madjid

Channel YouTube Aidil Akbar Madjid akan menjawab keresahan-keresahan kamu soal masalah keuangan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

channel youtube
Aidil Akbar Madjid (twitter)

Aidil adalah perencana keuangan yang saat ini mengelola Akbar’s Financial Check Up. Selain itu dia juga aktif mengajar di program pascasarjana Universitas Bina Nusantara (Binus) untuk S2 materi khusus Keuangan.

Beberapa video yang ditampilkan Aidil membahas banyak tips dan jalan keluar terkait masalah keuangan. Misalnya soal risiko investasi, asuransi pendidikan, jual beli rumah, kredit kendaraan, dan lainnya.

Video-video yang ditampilkan dalam channel YouTube Adil juga sebagian besar hasil talk show dengan sejumlah stasiun televisi nasional. Kamu bisa cek di channel Aidil Akbar Madjid untuk melihat video-video soal tips-tips keuangannya.

3. Zelts Center

Belajar mengelola keuangan merupakan pilihan tepat jika belajar dari channel YouTube Zelts Center. Channel ini menampilkan video-video solusi dan tips keuangan dari perencana keuangan senior Ahmad Gozali.

channel youtube
Ahmad Gozali (alazharpeduli.org)

Ahmad Gozali dikenal sebagai salah satu perencana keuangan terbaik yang banyak diundang ke berbagai acara atau seminar keuangan. Dia adalah pendiri perusahaan perencana keuangan Zelts Consulting.

Beruntung banget, channel Zelt Center memuat video-video Ahmad Gozali baik saat dia jadi pembicara seminar maupun ketika talk show di televisi.

[Baca: 8 Channel YouTube Video Ini Bisa Jadi Solusi Buat Lebih Hemat]

Banyak materi yang bisa dipelajari dan dipraktikkan soal keuangan dari channel YouTube ini. Mulai dari investasi emas, cara alternatif berhutang, mengelola gaji, perencanaan keuangan UKM dan banyak lagi. Yuk, langsung cus ke channel Zelts Center.

4. Andreas Hartono

Channel YouTube Andreas Hartono berbeda dengan video-video perencana keuangan yang sudah dibahas di atas.

channel youtube
Andreas Hartono (mengelolakeuangan.com)

Video-video yang ditampilkan dari channel-channel sebelumnya kebanyakan berupa talk show dan seminar. Tapi video yang ditampilkan channel Andreas Hartono ini sebagian adalah videografis.

Video-video yang diposting Andreas sangat artistik dan membuat penonton betah untuk berlama-lama menyaksikan pembahasan materinya hingga habis.

Dalam video-video yang diunggahnya, Andreas memberikan banyak materi keuangan soal jebakan finansial, mengenal reksadana, cara mengatur cashflow, cara menabung, tips menjadi investor, dan lainnya.

Kalau penasaran, kamu bisa langsung tonton channel YouTube Andreas Hartono dan praktikkan ilmunya dalam keseharian.

Nah, bagi kamu yang ingin belajar banyak soal merencanakan dan mengelola keuangan, ada baiknya meluncur aja ke channel-channel YouTube di atas.

Tapi jangan salah, selain menyaksikan di YouTube, kamu juga bisa kok konsultasi langsung dengan para perencana keuangan ini. Mereka sangat terbuka lho apabila ada klien yang mau berkonsultasi.

Monggo datang aja ke kantor mereka atau ikuti setiap ada kegiatan atau seminar yang mereka selenggarakan.

Semoga saja, masalah keuangan yang selama ini menghantui kamu bisa segera terselesaikan. Atau siapa tahu kamu malah tertarik banting setir menjadi perencana keuangan. Why not?

قالب وردپرس

error: Content is protected !!